05 April 2014
TIPS MOTOR

Tips Merawat Tali Gas Motor


 Bagi anda para pengendara sepeda motor pasti sering mengalami masalah tersangkutnya gas secara tiba-tiba yang membuat RPM mesin tidak bisa turun. Menurut Denny, seorang mekanik dari bengkel Bebek Racing dikawasan Kalimulya Depok, ada beberapa penyebab yang membuat gas tersangkut. Pertama silahkan dicek terlebih dahulu tuas choke yang biasanya terdapat pada bagian sebelah kiri setang. Jika tuas ini tertarik akan membuat pasokan bensin terlalu kaya yang membuat putaran mesin sulit turun, dan solusinya adalah tutup kembali tuas choke keposisi normal.

Penyebab kedua biasanya terjadi karena tali gas yang mulai kotor dan serat sehingga membuat tali gas sulit untuk bergerak keposisi menutup. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan anda copot tali gas dari throttle dibagian setang dan juga pada bagian botol skep hingga menyisakan tali gas saja. Jika sudah terlepas ambil bensin secukupnya dan masukan kedalam lubang karet pembungkus tali gas sambil menaik turunkan tali gas hingga terlihat bersih dan terasa lancar. Jika tahap pembersihan sudah selesai anda bisa memasukan sedikit oli atau minyak curah pada lubang karet pembungkus tali gas, agar naik turun tali gas menjadi lebih lancar.

Setelah tali gas terasa lancar, kita lanjutkan mengecek botol skep selagi belum dipasang kembali. Botol skep juga menjadi salah satu penyebab gas tersangkut, biasanya botol skep yang baret akan sulit untuk membuka dan menutup moncong udara dari karburator yang juga membuat putaran gas terus meninggi. Jika botol skep terlihat baret siapkan amplas yang sangat halus, amplas bagian yang baret dengan perlahan hingga baretnya menghilang dan lancar saat digunakan. Saat semua telah selesai, pasang seluruh part pada tempatnya masing-masing, dan putaran grip gas anda akan terasa lancar dan lebih ringan.


(RV/OF)

viewed :: 1924
Berita Terkait Lainnya :