13 Juli 2018
TIPS MOTOR

TIPS Memilih Pelumas Motor Yang Tepat


Ibarat obat, pelumas juga memiliki formula tertentu yang disesuaikan kebutuhan konsumennya. Untuk mesin modern, misalnya, jenis pelumas yang dibutuhkan harus berklasifikasi API Service lebih tinggi. Saat ini, API Service tertinggi yang beredar di pasaran adalah SL, SM dan SN.

Kekentalan pelumas juga harus diperhatikan. Tingkat kekentalan ditandai kode SAE (Society of Automotive Engineers) dan penyebutan angka tertentu. Contoh, SAE 20W-50 yang artinya pelumas multi grade ini memiliki kadar kekentalan SAE 20 pada suhu dingin dan punya viskositas SAE 50 pada udara panas.

Ahmad Jayadi, mantan pembalap Nasional yang juiga pemilik bengkel AHASS Jayadi Motor ini menyarankan para bikers meminta advis kepada bengkel yang terpercaya.

Biasanya, bengkel-bengkel dangan nama besar akan menyarankan konsumennya mengonsumsi pelumas yang diproduksi  perusahaan besar yang sudah terkenal,  kata Jayadi.

Masih penasaran? Silakan membuka dan membaca Manual Book dari pabrikan yang memproduksi motor yang Anda pakai. pada buku petunjuk perawatan kendaraan hampir selalu menyertakan anjuran tingkat kekentalan dan anjuran tingkat mutu atau unjuk kerja pelumas motor Anda. Jangan keliru!

viewed :: 11239
Berita Terkait Lainnya :