19 Juni 2017
SHOWROOM MOBIL

VW Beetle Jadul Tapi Versi Listrik


Anda menginginkan sebuah mobil yang memiliki kepribadian? Pilih saja VW Beetle, si kumbang atau sering juga disebut VW Kodok oleh masyarakat Indonesia ini mungkin tidak ada yang bisa mengalahkannya dari aspek kepribadian. Tapi bagaimana jika mobil ini diubah mesinnya jadi listrik?

Seperti dilansir dari CNN, itu yang dilakukan seorang pria di California yang mengubah VW Beetle tua menjadi mobil baru yang segar dengan motor lilstrik. David Bernardo, namanya.

Dia merupakan RetroFuturist and Director of Research and Development di Zelectric Motors, perusahaan yang senang mengubah mobil menjadi mobil listrik.

Bernardo membongkar mesin VW Beetle yang berisik dan menggantinya dengan motor listrik yang tidak berisik. Di bawah kap dan di kursi belakang ada baterai listrik. Penambahan baterai dan motor listrik ini menambah beban mobil sekitar 160 kg. Namun meski begitu mobil tetap seimbang.

Selain mesin, sistem transmisinya tidak mengalami perubahan, tetap menggunakan transmisi 4 percepatan manual khas Beetle. Padahal mobil listrik biasanya memiliki transmisi tunggal, karena tidak seperti mesin bensin, motor listrik memiliki tenaga besar pada kecepatan berapa pun.

Saat mobil dikendarai, hampir tidak perlu mengganti gigi di Zelectric Bug. Anda bisa mengganti gigi jika Anda mau saja. Jika Anda merasa suara motor listrik sudah terlalu berisik, ganti gigi ke level yang lebih tinggi.

Bernado mengklaim mobil bisa melaju sampai 145-177 km sekali mengisi baterainya, dengan kecepatan maksimum 145 km per jam.

Menurut Bernado jika mobil diubah ke listrik maka lebih irit biaya. Selain tidak berbau dan tidak berisik, motor listrik di Beetle ini hampir tidak membutuhkan perawatan seperti mesin bensin.

Sayangnya, Beetle versi Zelectric memiliki isu soal keselamatan. Mobil buatan tahun 1960-an ini tidak memiliki kantung udara. Namun jika Anda tertarik, Anda bisa mencobanya dengan harga US$ 45.000 atau sekitar Rp 525 juta.  [w33]


viewed :: 11294
Berita Terkait Lainnya :