20 Oktober 2019
TIPS MOBIL

Tips Merawat Knalpot Mobil


Banyak orang menganggap mobil yang jarang dipakai knalpotnya tidak akan bermasalah, justru kondisi tersebut bisa menyebabkan knalpot keropos karena karat, jelas wanto juragan Purbalingga Motor, spesialis knalpot.

Timbulnya karat yang menyebabkan knalpot keropos diakibatkan karena endapan air yang mengembun. Apalagi jika mobil tersebut menggunakan bahan bakar Pertamax. Kandungan oktan yang tinggi juga ikut mengendap di dalam knalpot. Bisa dibayangkan jika mobil tidak digunakan atau dipanaskan maka endapan tersebut lama kelamaan akan mengakibatkan karat.

Untuk mengatasi masalah pada knalpot anda dapat melakukan tips sederhana yaitu dengan cara : pada lubang knalpot masukan beberapa tetes oli. Cara ini dapat mencegah karat pada bagian dalam knalpot, untuk bagian luar knalpot yang sudah berkarat, segera bersihkan bagian yang berkarat menggunakan ampelas halus atau sikat kawat.

Setelah anda memasukan oli pada lubang knalpot kemungkinan akan keluar asap putih dari knalpot, tapi anda tidak usah khawatir, hal ini disebabkan oli di dalam knalpot memuai yang sekaligus merontokan karat di dalam knalpot.

Apabila kendaraan terkena hujan segera cuci kendaraan anda dengan air bersih kemudian keringkan hingga benar-benar kering, semprot dengan antikarat pada bagian yang memerlukannya.

"Kalau karat sudah timbul, maka tinggal tunggu waktu saja knalpot akan keropos", papar Wanto lagi. Lanjutnya, kalau sudah keropos ketahuan dari suaranya. Nah, agar knalpot mobil anda terhindar dari keropos, Wanto punya resep sederhana yang patut anda coba selain tips di atas. "Kalau memang mobil tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama, panaskan mesin secara rutin," ungkap pria yang sudah bergelut di dunia knalpot selama puluhan tahun ini. Tambahnya, ketika mesin hendak dimatikan, tekan pedal gas hingga mencapai rpm tinggi sebanyak dua kali. Hal ini untuk membuang kandungan air yang terdapat di dalam knalpot.     ..... (w33)



viewed :: 16730
Berita Terkait Lainnya :