16 September 2019
TIPS MOTOR

Ingin Honda Beat Anda Panjang Umur? Ini Caranya!


Honda Beat merupakan salah satu jenis motor matic yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Alasan banyak masyarakat meminatinya tidak lain karena bodynya yang ramping serta tarikan gasnya yang enteng hingga motor matic ini bisa dikendarai dengan kecepatan tinggi, setidaknya lebih tinggi daripada motor matic lainnya. Untuk menjaga performa motor matic tetap dalam keadaan stabil dan bagus, maka ada beberapa perawatan yang harus anda lakukan. Beberapa perawatan motor matic, khususnya honda Beat ini antara lain:

Yang pertama, anda harus selalu memanaskan mesin Honda Beat anda menggunakan starter manual atau yang biasa disebut dengan engkol di bagian belakang motor. Pemanasan mesin dengan cara ini bertujuan agar mesin motor anda tidak kaget saat dikendarai nanti. Adapun waktu ideal untuk memanaskan mesinnya ialah kisaran 3 sampai 10 menit saja.

Untuk menjaga keindahan body motor, anda disarankan untuk tidak pernah mencuci honda Beat kepunyaan anda dengan air hujan karena tindakan itu sama halnya dengan membuat elemen besi yang ada di motor menjadi cepat karat dan keropos. Jika sudah karat dan keropos, selain tidak indah dilihat, motor anda juga akan cepat hancur. Jadi, alangkah lebih baiknya jika anda mencucinya dengan menggunakan air biasa saja.

Selanjutnya, anda tidak disarankan untuk memainkan gas motor, terlebih jika anda memainkan gasnya sambil menekan pedal rem karena kebiasaan buruk tersebut akan membuat mesin honda Beat anda cepat rusak lantaran sangat sensitif dan rentan. Lebih baik menggunakan gas dengan stabil karena mesin adalah hal yang harus diperhatikan jika anda memiliki motor jenis ini. Selain itu, indikator bensin juga harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada suara mesin motor. Sebaiknya bensin harus diisi saat indikatornya sudah berada di garis merah.

Oli juga menjadi perhatian dimana harus diganti setiap 2000 km dan oli shokbeaker yang dianjurkan diganti setiap 10000km. Satu hal yang juga harus anda perhatikan adalah tidak mengganti bagian orisinil motor karena bagaimanapun juga spare part honda Beat yang asli memang lebih nyaman dan aman.

viewed :: 12133
Berita Terkait Lainnya :