10 Oktober 2018
TIPS MOTOR

Corsa Beri Tips Ke Puluhan Tukang Tambal


PT Multistrada Arah Sarana (MASA), produsen ban Corsa untuk sepedamotor, mengundang sekitar 50  tukang tambal ban dan pemilik toko, di Tangerang Selatan, beberapa waktu yang lalu. Acara tersebut merupakan sosialisasi cara menambal ban tubeless.

Penyelenggaraan ini dimaksudkan agar para penambal ban mempunyai kemampuan yang baik sehingga membuat para konsumen merasa aman dan nyaman dengan ban yang digunakan. Di lapangan masih banyak tukang tambal ban tidak paham cara menambal ban tubeless dengan benar

"Karakteristik ban tubeless berbeda dengan ban non-tubeless, makanya cara penanganan ketika bocor pun berbeda," kata M. Zein Saleh, Senior Marketing Manager MASA.

"Banyak tukang tambal tak tahu cara menambal ban tubeless  sehingga semakin merusak ban dan menyebabkan tidak sedikit biker dirugikan oleh mereka," tambahnya.

Cara menambal ban tubeless dengan ban non-tubeless berbeda. Peralatan/perlengkapannya yang dibutuhkan berupa bahan penambal (bentuknya seperti cacing) khusus untuk sepedamotor, alat untuk memasukan 'cacing'  khusus untuk ban sepedamotor, lem karet, alat untuk memperbesar lubang, tang untuk mencabut paku.

"Peralatan dan perlengakapan seperti di atas tersedia di toko," tutur Slamet Paptono, department head of technical support MASA.

Perhatikan posisi menancapnya paku pada ban, karena berpengaruh terhadap kualitas dan kekuatan tambalan, karena menambal ban yang benar adalah posisi arah tambalan harus sama dengan arah paku yang menancap pada ban. Pastikan ban terisi angin, tujuannya agar saat paku dicabut angin di dalam ban tidak langsung habis, sehingga pada saat penambalan ban selesai tidak harus menambah angin lagi.

Lalu cabut paku dengan menggunakan tang, masukan 'cacing' ke dalam lubang yang terkena benda asing (paku), agar cacingnya tidak terlepas ada baiknya cacing harus lebih banyak daripada lubang. Terus potong sisa cacing yang melebihi permukaan ban, jika angin bannya habis, maka isi angin sesuai dengan tekanan angin yang disarankan.       ..... (w33)

viewed :: 12243
Berita Terkait Lainnya :