25 Oktober 2020
TIPS MOBIL

Aki Bisa Soak Gara-gara Kunci Kontak On Terus


Saat Anda hendak memarkirkan kendaraan baik roda 2 atau roda 4 dipastikan kunci kontak sudah dalam posisi off (mati). Sebab selain bisa dicuri, ternyata jika kunci kontaknya masih dalam posisi on, aki motor malah jadi tekor atau soak.

Kejadian itu sering terjadi, sebab banyak dari pengendara motor yang lupa mencabut kunci kontak saat setelah parkir. Kalau sudah begitu, Anda yang akan repot karena motor atau mobil tidak bisa dinyalakan menggunakan electric starter.

Kejadian ini baru saja dialami oleh salah satu pengguna motor yang hendak mengantarkan sepeda motornya. Saat akan mengantarkan sepeda motor ke daerah Warung Buncit dengan menggunakan mobil pikap, kunci kontak motor tersebut masih dalam posisi on.

Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam dengan kunci kontak masih dalam posisi on, alhasil ketika sampai di lokasi motor yang tadinya tinggal dinyalakan menggunakan electric starter menjadi tidak bisa karena akinya sudah soak atau tekor.

"Waduh ini sudah 2 jam kunci kontaknya nyala terus, akinya bisa tekor," ujarnya yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Karena motor tersebut tidak tersedia kick starter maka untuk menyalakan mesinnya hanya mengandalkan electric starter. Setelah dicoba beberapa kali ternyata benar, motor itu tidak bisa dinyalakan karena akinya tekor.

Sebelumnya juga pernah dibahas keunggulan dan kekurangan antara aki kering dan aki basah.      ..... (w33)

viewed :: 12678

Berita Terkait Lainnya :