12 September 2014
SHOWROOM MOTOR

Modifikasi Yamaha Vixion


Untuk mempercantik tampilan Yamaha V-Ixion agar tampil beda atau supaya lebih terlihat segar, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan modifikasi bodi, melapisi dengan cat baru, sampai merombak total hingga belah mesin untuk mengganti part yang sudah mulai aus.      
Seperti halnya Yoga Siahaan, ia merasakan tunggangan kesayangannya sudah mulai tampak lusuh, lantas mulai memikirkan rencana untuk merombak Yamaha V-Ixion miliknya. "Main part bodi dan kaki-kaki, tapi yang simpel aja dan enak dilihat," katanya.

Yoga ingin motornya terlihat lebih gagah, makanya ia mengganti buntut belakang pakai variasi untuk Kawasaki Ninja 250. Berikutnya kondom tangki untuk Yamaha V-Ixion yang banyak dijual di toko-toko aksesori. Dengan penggantian dua part bodi ini saja motor berkelir hitam mengkilap ini sudah tampak berubah tuh.

Supaya enggak terlihat janggal, maka kaki-kaki juga harus dirombak nih. Tau sendirikan kaki-kaki motor sport 150 cc ini terhitung kurus, apalagi sudah ganti part bodi yang dimensinya lebih besar, betul gak?

Pemilik yang tinggal di daerah Jakarta Selatan ini lantas membawa kuda besinya menuju Lokomotif Jajar (LJ) sebagai bengkel penyedia limbah moge. Langsung saja aplikasi arm Yamaha YZF R125, Upside down moge 600 cc, Pelek Kawasaki Ninja 250, Spidometer Koso dan headlamp Yamaha Byson. Hasilnya ya seperti sekarang ini, motor terlihat padat dan terkesan memiliki tenaga yang dahsyat!

Tapi setelah melakukan itu semua, tenaga motor terasa ngos-ngosan menggerakkan motor yang pastinya sudah bertambah berat ini. Ogah ambil pusing, akhirnya pria yang bekerja di daerah Tanjung Priok ini berkonsultasi dengan Paolo Irfansyah dari VJ Racing Speed (VJRS). Maka terjadilah kesepakatan untuk merombak mesin standarnya supaya lebih bertenaga.

Ogah tanggung-tanggung, mesin pun langsung dibedah total oleh mekanik yang piawai menangani motor sport injeksi ini. "Kruk as ganti pakai punya Jupiter MX baru, daging lebih tebal dan berat, jadi torsi lebih enak. Sekalian pasang rasio 6 speed," katanya. Enggak ketinggalan blok silinder berikut pistonnya diganti untuk meningkatkan kapasitas mesin jadi 180 cc.

Mengimbanginya, jeroan head silinder dilepas semua. "Gantinya pakai bahan titanium milik moge supersport 1000 cc, motornya apa itu rahasia hehehe.." katanya bercanda. Isi kepala silinder tadi mulai dari klep, per klep retainer klep diganti pakai moge. Sementara noken as MaxTreme by VJ RacingSpeed. Mengimbanginya, injector 10 lubang dipasang supaya suplai bahan bakar lebih deras.     ..... (w33)



viewed :: 13513
Berita Terkait Lainnya :