14 Januari 2018
TIPS MOTOR

Pasang Mud Guard Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Cegah Belepotan


Bawaan lahir Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS hanya dibekali sepatbor minimalis. Hal ini membuat beberapa pembesutnya merasa kurang nyaman saat melewati genangan air atau menerjang hujan. Pasalnya cipratan air dari roda belakang muncrat hingga ke punggung sang rider.

Sudah pasti hal tersebut bikin pakaian, barang bawaan basah, maupun belepotan lumpur dan kotoran lain. Nah untuk antisipasi hal tersebut, ada beberapa pebengkel yang berinisiatif bikin mud guard (sepatbor belakang gantung) khusus tunggangan ini.

"Bikinan saya meniru persis mud guard versi India. Bahan dasarnya aluminium dan pipa besi sebagai penyangganya. Tapi enggak ready stock. Saya bikin kalau ada orderan saja dengan harga Rp 350 ribu," tukas Eko Wahyu Santoso, penggawang Kucay Motorsport (KM).

Pria beralamat di Jl. Kamboja No.49, Bandar Lampung ini menambahkan kalau P200NS di India, peranti tersebut dijual secara optional. "Ada yang sudah dilengkapi peranti tersebut dan ada yang belum. Konsumen tinggal pilih sesuai selera masing-masing," imbuh Kucay, panggilan akrab bos KM.

Selain KM, Rudi Gunawan, penggawang Berkat Motor (BM) juga meramu peranti yang sama. "Saya bikin model custom berbahan fiberglass. Tapi dijamin enggak patah, karena bahannya cukup tebal. Banderol harganya Rp 450 ribu," tawar Rudi.

Pria ngepos di daerah Kreo, Tangerang ini menambahkan terima order bikin mud guard, dengan lama pengerjaan antara 3-4 hari. "Tapi motor mesti dibawa ke bengkel, karena saya sengaja bikin satuan dan enggak bikin master cetakannya. Biar antara yang satu beda dengan yang lain. Atau desainnya bisa menyesuaikan selera konsumen," tandasnya.(RV)

viewed :: 12444
Berita Terkait Lainnya :