14 Januari 2018
TIPS MOTOR

Sulap Roller Sepatu Roda Jadi Tensioner Rantai


Benda bulat berwarna biru pudar ini ada pada motor trail milik Herwanto Adi Seputro yang berbasic Honda GL 100. Lokasinya menempel pada sasis tengah bawah, dan selalu terlindas rantai motor.

Yup beneran. Bila diamati, itu adalah ban atau roller dari sepatu roda atau skate board.

"Difungsikan sebagai tensioner rantai. Bahannya cukup dari roller sepatu roda atau skate board bekas," yakin Chary Gafur, mekanik Papa Chary Kastem yang kebagian urus motor Pete, sapaan akrab Herwanto.

Menurutnya lagi bahan roller tersebut adalah sejenis mika teflon, makanya enggak masalah tergerus rantai motor, apalagi dia ikut berputar seperti layaknya sebuah bearing. Lantas bila ingin mengaplikasinya, sebelumnya perlu mencari komponen tersebut.

Kebetulan Pete juga doyan bersepatu roda ria, makanya cukup mencopotnya dari sepatu roda yang sudah tak dipakai. Selanjutnya tinggal memposisikannya seperti pada foto.

"Kalau bekas tinggal lepas roller dari sepatu roda beserta as nya. Dan asnya bisa dilas langsung pada sasis. Bila mau diancer-ancer, biaya beli bahan dan jasa pasangnya sekitar Rp 100 ribuan," sambung Papa Chary panggilan akrabnya. (RV)

viewed :: 12828
Berita Terkait Lainnya :