09 Oktober 2018
TIPS MOBIL

Tips Singkat Pasang Lampu HID


Kita pasti tahu lampu HID atau xenon, namun tak banyak tahu cara pemasangan model lampu HID. Bisa saja memasang sendiri asalkan mengerti kelistrikan mobil.

"Kalau mau pasang lampu HID di rumah harus tahu kelistrikan mobil. Rangkaian lampu HID cukup rumit bagi yang tidak mengerti kelistrikan," kata Dodi, karyawan New Ramayana Motor spesialis lampu yang berada di pusat Niaga Duta Mas Fatmawati lantai 2 no. 15, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, lampu HID terdiri dari soket, kelistrikan, ballast dan lampunya itu sendiri.

Menurut Dodi langkah pertama yang harus dilakukan adalah urutan kabel lampu HID harus sesuai, ada kabel warna merah dan hitam sesuai penempatan. Di sisi lain setiap kendaraan memiliki arus AC dan DC yang harus benar-benar diperhatikan. Kalau tidak memanfaatkan arus AC dan DC, lampu HID dikatakan Dodi biasa mengambil arus dari baterai aki.

"Semua pemilik harus tahu masuk dan keluarnya urutan kabel. Ada yang pasang lampu HID langsung dari aki. Selanjutnya kabel merah (+) dan hitam ke ground (-). Jangan salah, kalau tidak, lampu tidak bisa menyala," imbuh Dodi.

"Sebaliknya kalau urutan kabel tidak benar, dan terjadi arus pendek malah membuat aki tekor," lanjutnya. Sementara ballast yang merupakan alat pengendali voltase lampu dan menstabilkan aliran listrik sebagai penyeimbang.

Dodi menjelaskan tak jarang saat proses pengerjaan dia menambahkan sekering sebagai pengaman agar tidak terjadi kortsleting pada lampu HID dan ballast.

"Kalau sampai kortsleting dan merusak ballast maka lampu akan rusak. Kuncinya ballast jangan sampai rusak, kalau tidak lampu tidak bisa menyala," pungkas Dodi.

Nah tips singkat ini setidaknya bisa dipelajari, tapi pasang lampu HID boleh-boleh saja, asal memikir pengguna jalan lain. Pemilik mobil harus memperhatikan besaran cahaya yang dikeluarkan.  

viewed :: 12448
Berita Terkait Lainnya :