08 Desember 2019
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Daihatsu Sirion 2010


Di Indonesia, Daihatsu Sirion memang sering disebut sebagai mobil ibu-ibu, dengan panampilannya yang terkesan feminim tidak heran bila jarang anak muda yang melirik mobil kecil besutan Daihatsu ini. Namun hal ini tidak berlaku bagi Haru Mustafa, pemilik Daihatsu Sirion berwarna putih lansiran tahun 2010.

Mobil tersebut akan dihadiahkan untuk adiknya, Ricky Mustafa, namun untuk menghilangkan kesan mobil ibu-ibu yang feminim, perlu adanya ubahan dan modifikasi untuk mengubah penampilannya terlebih dahulu.

Untuk memberi kesan sporty serta tampilan hatchback anak muda, heru mengaplikasikan body kit sporty Sirion versi Thailand, mulai dari lips spoiler, side skirt, spoiler bumper hingga spoiler atas.

Tidak cukup sampai disitu, bagian kaki-kaki juga mendapat ubahan dengan pelek lebar model 3 pieces ring 15 inci berwarna merah, terlihat mencolok dengan warna bodynya. Tidak tanggung-tanggung, dipilih produk Equip Work dengan lebar 8 inci pada bagian depan, sedang belakang 9 inci. "Tapi yang depan off set 10, belakangnya 0," terang Heru. Keempat pelek lantas dibalut karet bundar Accelera ukuran 185/60-R15.

Pemasangan pelek dengan ban lebar tersebut bukan tanpa halangan, sempat terjadi masalah saat pemasangan pelek yang terbilang lebar. "Ban depan jadi nongol 1 cm dan belakang nongol 2 cm. Akhirnya terpaksa ganti baut chamber kit dan papas tromol belakang 3 cm," tukas Heru yang mengaku hobi memodifikasi mobil ini.

Berlanjut ke sektor dapur pacu. Untuk menyesuaikan dengan pelek dan ban lebar, diperlukan performa mesin yang lebih galak dari standarnya. Heru mengganti header, piping knalpot sampai ke belakang hingga muffler dengan produk Daytona. Lalu filter udara standar ditukar open air intake keluaran Hurricane.

Bagian interior pun tidak lupa mendapat sentuhan modifikasi, dengan lingkar kemudi, shift knob serta pedal set bermerek Sparco, sistem hiburan Audio juga diupgrade dengan suara lebih gahar, khusus audio berkonsep SPL, dikerjakan oleh pesona Audio Pos Pengumen, Jakarta Barat. Secara keseluruhan hasil modifikasi Daihatsu Sirion 2010 terlihat sporty layaknya hatchback anak muda, dan yang pasti bukan lagi mobil ibu-ibu.  [w33]

viewed :: 12911
Berita Terkait Lainnya :