12 September 2019
SHOWROOM MOTOR

909 Hot Matic: Trend Modifikasi Kembali Ke Konsep Bolt On


Sejak setahun belakangan, trend modifikasi ekstrim perlahan mulai ditinggalkan. Selain proses dan biaya yang cukup tinggi, dari sisi fungsionalnya membuat motor jadi sulit atau bahkan tak bisa digunakan untuk harian.

Atas dasar itu pula di kontes-kontes modifikasi kini banyak melombakan kelas fashion standar. Dimana ubahannya selain membuat motor jadi lebih keren juga tetap bisa digunakan untuk aktivitas harian.

Hal ini dipaparkan Susanto Gunawan, modifikator dan pemilik bengkel modifikasi 909 Hot Matic asal Bandung, Jawa Barat. Lelaki yang akrab disapa Yayank ini mengungkapkan kalau masyarakat pecinta modifikasi mulai melihat modifikasi yang bisa dipakai untuk harian.

Melihat trend modifikasi ke depan, Yayank mengakui kalau arah trennya ada kencendrungan kembali ke awal-awal trend modifikasi dimana konsep bolt on lebih mendominasi. "Sebenernya arah positif, konsumen mulai sadar modifikasi yang bisa dipakai untuk harian," papar Yayank.

"Sebelumnya pernah booming custom 'gila-gilaan' terus sempat mencapai titik jenuh, sekarang mulai kebangkitan modifikasi bolt on lagi," bilangnya.

"Setelah mencapai masa jenuh pada ubahan yang terlalu ekstrim sehingga motor susah dikendarai, kontes-kontes ektrim juga mulai berkurang, sekarang banyak di kelas fashion standard, motor-motor yang bisa dipakai harian," bilangnya lagi.

Membandingkan dengan pertumbuhan modifikasi di Eropa dan Amerika serta Jepang, Yayank memaparkan kalau pertumbuhan dunia modifikasi di indonesia sebenarnya sangat maju, cuma modifikator Indonesia kadang-kadang mentok di peralatan seperti mesin CNC yang harganya selangit.

"Kalau boleh dibilang, hasil modifikasi yang dikerjakan modifikator Indonesia terkadang mampu memukau modifikator dan pecinta modifikasi asal Eropa, Amerika juga Jepang. Tapi ya itu tadi, untuk membuat detil yang lebih fantastis kadang terbentur di peralatan. Berbeda dengan mereka yang bisa membangun motor begitu detil karena didukung peralatan yang memadai termasuk mesin-mesin mahal seperti CNC," tandas Yayank.

909 Hot Matic
Jl. Cihampelas, No. 187, Bandung
022-91192090     ..... (w33)

viewed :: 12698
Berita Terkait Lainnya :