07 September 2018
TIPS MOBIL

Pilih Cakram Rem Sesuai Kebutuhan


Penggunaan cakram rem menjadikan handling sekaligus waktu berhenti menjadi lebih baik dan mempersingkat jarak. Terdapat beberapa model cakram yang dapat dipilih guna memaksimalkan pengereman kendaraan. Namun, perlu diperhatikan bahwa model-model rem ini belum tentu cocok untuk kebutuhan Anda, salah-salah kocek Anda terkuras.

Tentu model cakram saja tak akan maksimal tanpa kampas yang tepat. Kampas rem pun memiliki model dan bahan yang bermacam-macam. Konsultasikan dengan bengkel Anda untuk pemilihan kampas sesuai dengan cakram yang Anda inginkan.

1. Cakram Rem Standar
Cakram model ini merupakan cakram yang paling banyak digunakan kendaraan yang baru keluar dari pabrik. Terbuat dari satu pelat baja, cakram ini mudah didapatkan.

2. Cakram Berlubang Alur
Merupakan peningkatan dari cakram standar, dimana terdapat lubang beralur yang berfungsi sebagai saluran udara yang mampu mendinginkan cakram.

Lubang ini biasanya memiliki alur yang searah perputaran ban, oleh karena itu perhatikan peletakan cakram, jangan sampai salah karena akan mengurangi performa.

3. Cakram Berongga Dua Pelat
Cakram ini biasanya digunakan untuk kebutuhan balap, karena terbuat dari dua pelat yang disatukan dimana diantaranya terdapat rongga.

Rongga ini tak hanya sekedar memberikan pendingin yang baik tetapi juga sebagai pembersih kotoran yang menempel. Dengan rongga, kotoran akan terlempar keluar dan tidak menempel khususnya pada kampas.

4. Cakram Berongga Dua Pelat Dan Berlubang
Merupakan cakram yang terbuat dari dua pelat yang memiliki lubang seperti cakram berlubang. Tentu performa yang didapatkan dari cakram ini lebih baik dari model cakram sebelumnya.

Namun biasanya ini dibutuhkan untuk kendaraan balap yang membutuhkan pengereman yang sempurna dengan harga yang cukup mahal.

5. Bahan material
Cakram sendiri biasanya terbuat dari baja, namun terdapat bahan yang lebih kuat dan tahan lama dibanding baja yaitu keramik. Bahan ini terbuat dari campuran karbon dan silikon, dimana keramik cukup dalam hal benturan dan ketahanan panasnya.(RV)

viewed :: 11952
Berita Terkait Lainnya :