01 Agustus 2022
SPORTS MOBIL

Klasemen F1 2022 Usai GP Hungaria: Verstappen Kian Sulit Dikejar



Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (31/7/2022), membuat gapnya di klasemen pebalap makin sulit dikejar.

Pebalap Tim Oracle Red Bull Racing tersebut berhasil membalikkan keadaan hingga 360 derajat pada lomba GP Hungaria yang berdurasi 70 lap (306,630 km) tersebut.

Start dari grid ke-10, juara dunia bertahan asal Belanda tersebut menyelesaikan lomba dengan 1 jam 39 menit 35,912 detik.

Ia unggul hampir delapan detik atas Lewis Hamilton di P2 serta 12 detik lebih dari pole-sitter George Russell di peringkat ketiga, yang tak lain rekan setim Hamilton di Mercedes-AMG Petronas F1.

Bagi Verstappen, inilah kemenangan kedelapan musim ini setelah Arab Saudi, Emilia Romagna, Miami, Spanyol, Azerbaijan, Kanada, dan Prancis. Tambahan 25 poin di Hungaroring membuat posisi Verstappen di puncak klasemen makin kokoh saat F1 memasuki jeda musim.

Seusai GP Prancis, Verstappen sudah unggul 63 poin atas rival terdekat Charles Leclerc (Scuderia Ferrari). Namun, karena Leclerc hanya menuai delapan poin di GP Hungaria hasil finis P6 akibat strategi tim yang kembali kolaps, keunggulan Verstappen pun makin jauh.

Saat ini, Verstappen makin kokoh di puncak klasemen pebalap dengan 258 poin. Gap dengan Leclerc pun melebar menjadi 80 poin menjelang sembilan balapan tersisa yang akan dimulai di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, pada 28 Agustus mendatang.

Hasil GP Hungaria ini membuat peluang Leclerc untuk merebut gelar juara dunia F1 jelas makin berat. Ferrari F1-75 memang sudah kompetitif. Tetapi, jika tidak didukung strategi yang matang dari Ferrari, upaya keras Leclerc jelas akan sia-sia.

Agak ke bawah, posisi klasemen Carlos Sainz yang sebelumnya keempat, kini diambil Russell. Itu akibat Sainz hanya mampu finis P4 di GP Hungaria.

Sementara, peringkat klasemen Hamilton masih tetap keenam. Namun, gapnya dengan Sainz yang kini berada di posisi kelima tinggal 10 poin. Sebelumnya, selisih poin Hamilton dengan peringkat kelima (sebelum GP Hungaria) adalah 16.

Di klasemen konstruktor, kegagalan Ferrari memenuhi target merebut poin maksimal di GP Hungaria dengan finis 1-2, justru membuat mereka kian jauh tertinggal dari Red Bull Bull Racing.

Di Hungaroring, Ferrari hanya menambah 20 poin hasil finis keempat Sainz (12 poin) dan P6 Leclerc (8). Bandingkan dengan torehan Red Bull yang meraup total 35 poin hasil dari kemenangan Verstappen (25) dan P5 Sergio Perez (10).

Dengan hasil di GP Hungaria, Red Bull Racing pun kian kokoh di puncak klasemen konstruktor karena berhasil memperlebar gap dengan Ferrari dari 82 poin (usai GP Prancis) menjadi 97 poin (setelah GP Hungaria).

Saat peluang untuk menggeser Red Bull makin sulit, Ferrari juga harus bersiap menghadapi tekanan dari Mercedes. Finis double podium yang direbut Lewis Hamilton dan George Russell di Hungaroring membuat Mercedes kini hanya tertinggal 30 poin dari Ferrari (sebelumnya 44).

Posisi klasemen konstruktor di luar tiga besar tersebut tidak berubah. Namun, peresaingan perebutan posisi keempat makin sengit karena BWT Alpine F1 kini hanya unggul empat poin atas McLaren di peringkat kelima.

Klasemen Pebalap F1 2022 Usai GP Hungaria :

Klasemen Konstruktor F1 2022 Usai GP Hungaria :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1156

Berita Terkait Lainnya :