01 Agustus 2022
SPORTS MOTOR

Hasil Race 1 WSBK Ceko: Bautista Klaim Kemenangan, Rea Gagal Podium



Pebalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista berhasil memenangi pertarungan sengit Race 1 WSBK Ceko. Sedangkan peraih pole position, Jonathan Rea, gagal menembus zona podium.

Alvaro Bautista meraih kemenangan ketujuhnya di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2022 setelah finis P1 dalam balapan pertama (Race 1) putaran keenam di Autodrom Most, Ceko, Sabtu (30/7/2022).

Dalam lomba yang berlangsung 22 lap tersebut, Bautista harus menunggu peluangnya untuk mengambil alih pimpinan, di mana di depannya, Jonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu terlibat duel sengit.

Begitu kesempatan datang, pemuncak klasemen WSBK 2022 segera menyalip andalan Kawasaki Racing Team dan bintang Pata Yamaha. Sejak itu, Bautista menjaga posisinya.

Pada akhirnya, Bautista menyelesaikan balapan dengan keunggulan yang nyaman, lebih dari dua detik di depan Toprak Razgatlioglu, Scott Redding dan Jonathan Rea.

Sementara Razgatlioglu harus puas menutup Race 1 sebagai runner-up. Ia berjuang keras mengalahkan pebalap BMW Motorrad Team Scott Redding, yang tampil kuat, di saat-saat terakhir.

Hasil mengecewakan didapat Rea. Memulai dari grid terdepan, pria Irlandia Utara tersebut justru gagal meraih kemenangan. Ia bahkan tidak mencapai podium karena hanya mampu finis P4.

Melengkapi lima besar ada Axel Bassani dari Motocorsa Racing-Ducati. Ia berhasil mengungguli dua rider tim pabrikan: Andrea Locatelli (Pata Yamaha) dan Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Ducati).  

Toprak Razgatlioglu membuat start impresif. Memulai dari grid kedua, ia berhasil menyalip peraih pole, Jonathan Rea, di sektor lurus menuju Tikungan 1 Autodrom Most.

Namun, Rea tak membiarkan Razgatlioglu lepas begitu saja. Ia segera merespons dengan terus menekan El Turco. Bahkan keduanya sempat terlibat kontak.

Rider andalan Kawasaki sempat menyenggol ban belakang Razgatlioglu saat mencoba untuk menyalip di Tikungan 2. Meski begitu, Rea belum berhasil merebut posisi rival.

Masuk lap kelima, Rea baru bisa mengambil alih P1 setelah melakukan manuver impresif saat menuju ke tikungan. Sementara itu, Alvaro Bautista mulai mendekati dua pebalap di depannya tersebut.

Pada lap ketujuh, Razgatlioglu, yang sempat turun ke P3, bangkit dan memimpin lagi setelah late braking andalannya menuju Tikungan 1 membantunya menyalip Rea dan Bautista sekaligus.


Pertarungan antara tiga pebalap top WSBK terus berlanjut. Lap ke-10, Bautista berhasil memimpin, namun Rea serta Razgatlioglu masih sangat dekat di belakangnya.  

Memasuki paruh kedua balapan, hujan mulai mengguyur Most dan rider diperbolehkan masuk pit untuk ganti ban. Di saat yang bersamaan, Scott Redding ikut meramaikan pertarungan di barisan depan.

Tak butuh waktu lama bagi pebalap Inggris itu menyalip Razgatlioglu dan Rea. Sementara itu, Bautista memanfaatkan pertarungan para pesaing di belakangnya untuk membangun gap.

Memasuki lima lap terakhir, Spaniard memimpin 0,7 detik di depan Redding. Tetapi, itu masih mungkin dijangkau. Di sektor lurus, Bautista bisa menjauh lagi berkat keunggulan power milik Panigale V4 R.  

Hingga balapan usai, ia tidak terkejar. Sedangkan pertarungan posisi kedua berlangsung ketat antara Redding dan Razgatlioglu. Pada akhirnya El Turco mampu unggul.

Hasil Race 1 WSBK Ceko 2022 :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1154

Berita Terkait Lainnya :