31 Juli 2022
SPORTS MOBIL

Hasil Kualifikasi F1 GP Hungaria: Redam Duo Ferrari, Russell Pole Pertama



George Russell di luar dugaan berhasil menguasai sesi kualifikasi F1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (30/7/2022).

Di kualifikasi ketiga (Q3), pebalap Mercedes-AMG Petronas F1 itu menembus waktu lap 1 menit 17,377 detik. Russell berhasil mencuri pole position GP Hungaria dari duo Scuderia Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc, di detik-detik akhir.

Russell unggul hanya 0,044 detik atas Sainz di posisi kedua. Sedangkan dengan Leclerc berada di posisi ketiga setelah tertinggal 0,190 detik dari Russell.

Bagi Russell, inilah pole position pertama sepanjang kariernya di F1 yang dimulai pada awal 2019. Menariknya, bagi Mercedes, torehan Russell di Hungaroring ini menjadi pole pertama mereka musim ini.

Sampai menjelang putaran ke-13 F1 2022, sesi kualifikasi praktis didominasi oleh Ferrari, delapan (tujuh dibuat oleh Leclerc). Sementara, Red Bull baru empat kali merebut pole (tiga atas nama Verstappen).

Performa McLaren dan Alpine di Hungaroring juga menjanjikan. McLaren MCL36 geberan Lando Norris berhasil merebut grid keempat. Pemenang GP Hungaria tahun lalu, Esteban Ocon, akan start dari posisi kelima di atas Alpine A522.

Rekan setim Ocon, Fernando Alonso, akan start dari baris ketiga pada GP Hungaria setelah berada di posisi keenam. Lewis Hamilton (Mercedes) akan start dari barisan keempat dengan mantan rekan setimnya Valtteri Bottas (Alfa Romeo).

Daniel Ricciardo (McLaren) akan start dari grid kesembilan pada start lomba GP Hungaria, Minggu (31/7/2022) sore waktu setempat, didampingi juara dunia yang juga pemimpin klasemen sementara Max Verstappen (Oracle Red Bull Racing) di posisi ke-10.  

Kendati awal tebal masih terlihat di sekitar Sirkuit Hungaroring, kondisi lintasan untuk Q1 justru kering. Kevin Magnussen (Haas) menjadi pebalap yang mencatat waktu lap tercepat pertama dengan 1:20,388 menit.

Max Verstappen lantas melesat ke P1 dengan 1:19,020 menit atau 0,7 detik di depan Lewis Hamilton. Lando Norris lantas melesatkan McLaren MCL36 miliknya ke P2.

Persaingan P1 kemudian silih berganti dipegang Verstappen, Leclerc, dan Sainz, hingga Hamilton mengambil posisi teratas dengan 1:18,374 menit dan hanya unggul sekira 0,1 detik dari Sainz.

Hamilton akhirnya menempati P1 pada Q1 dan unggul hanya 0,033 detik dari rekan setimnya di Mercedes George Russell di posisi kedua. Lima pebalap yang tersingkir di Q1 adalah Yuki Tsunoda (AlphaTauri), Alex Albon (Williams), Sebastian Vettel (Aston Martin), Pierre Gasly (AlphaTauri), dan Nicholas Latifi (Williams).


Pada awal Q2, Mercedes menurunkan ban kering alias slick bekas. Sembilan mobil masuk di trek saat itu. Norris lalu melesat ke P1 unggul sekira 0.6 detik atas pebalap lain. Verstappen kemudian menggeser Norris usai lebih cepat 0,4 detik.

Waktu lap Sergio Perez (Red Bull) sempat dicoret karena melanggar track limit di Tikungan 6 tetapu kemudian dikembalikan karena tidak terbukti. Alonso naik ke P2 setelah tertinggal 0,2 detik dari Verstappen.

Verstappen akhirnya menjadi yang tercepat di Q2 dengan 1:17,703 menit atau unggul 0,065 detik atas Leclerc di posisi kedua. Alonso di posisi ketiga dengan gap 0,201 detik. Sementara lima pebalap yang tersingkir di Q2 adalah Perez, Zhou, Magnussen, Stroll, dan Schumacher.

Duel 10 pebalap selaam 12 menit di Q3 berlangsung ketat sejak awal. Leclerc langsung memimpin sebelum Sainz menggesernya dengan lebih cepat 0,4 detik. Russell lalu melibas Leclerc untuk P2.

Verstappen saat itu berada di P7 dengan gap hingga 1,3 detik. Pebalap asal Belanda itu mengeluhkan berkurangnya tenaga (loss power) Red Bull RB18.

Carlos Sainz terlihat akan memimpin Ferrari start 1-2 setelah unggul sekira 0,1 detik atas Leclerc di P2. Tetapi, flying lap yang dibuat George Russell membuyarkan ambisi Ferrari.

Hasil Kualifikasi F1 GP Hungaria :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1192

Berita Terkait Lainnya :