01 Agustus 2022
SPORTS MOBIL

Hasil F1 GP Hungaria: Verstappen Buktikan Kelas, Ferrari Blunder



Max Verstappen menunjukkan sebagai kandidat kuat juara dunia Formula 1 2022, sebaliknya Charles Leclerc jadi korban strategi Ferrari di Hungaroring, Minggu (31/7/2022).

Start bagus dilakukan George Russell yang memulai lomba dari pole position. Langsung mendapat serangan duo Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc, pebalap Mercedes itu dapat mempertahankan posisinya di tikungan pertama.

Balapan belum genap dua lap, Virtual Safety Car diaktifkan menyusul debris mobil Alex Albon yang berceceran di trek. Kendati demikian, Russell masih mampu mengendalikan situasi dengan tetap jadi pimpinan race.

Russell terus memimpin jalannya perlombaan, sampai Mercedes kemudian meminta masuk pit stop pada Lap 17. Carlos Sainz mengambil alih posisi puncak, diikuti Charles Leclerc dan Lewis Hamilton.

Saat itu, Verstappen tengah berjibaku di luar lima besar. Namun, juara dunia bertahan ini tampak memperlihatkan race pace yang kuat. Hal ini turut didukung dengan strategi jitu Red Bull yang memasangkan ban medium.

Bahkan meski sempat melintir pada Lap 42, Verstappen tidak panik. Tetap tampil tenang, Super Max mulai memburu Leclerc. Tanpa perlawanan berarti, posisi ketiga direbutnya. Sebaliknya, sang rival kerepotan mengendalikan ban hard.

Untuk kali kesekian, Ferrari melakukan blunder dalam strategi. Tepatnya saat menyuruh Leclerc untuk pit stop ke ban hard pada Lap 39. Keputusan ini jelas sangat merugikan Monagasque karena kesulitan menemukan grip.

Kendati lalu melakukan pit stop untuk berganti ke ban soft, semuanya sudah terlambat bagi Leclerc dalam mengejar ketertinggalan. Pada akhirnya, dia harus puas finis keenam hingga chequered flag dikibarkan.

Raihan mengecewakan ini makin menyulitkan Leclerc dalam perburuan gelar juara dunia, lantaran saat bersamaan, Verstappen melaju mulus berkat keputusan tepat Red Bull yang memilih ban baru medium ketika pit stop.

Adapun, kemenangan di Hungaroring merupakan kedelapan bagi Verstappen pada F1 2022. Terasa istimewa, karena dia memulai balapan dari P10. Sementara rekan setim Sergio Perez turut mencetak hasil bagus, lewat keberhasilan finis kelima.

Mercedes melanjutkan double podium. Hamilton sempat bertarung dengan Russell memperebutkan posisi kedua. Namun, lima lap tersisa, Hamilton dapat menaklukkan Russell pada Lap 65. Torehan P2 dan P3 mengulangi pencapaian tim di GP Prancis.

Carlos Sainz mengisi urutan keempat. Lalu, tempat ketujuh dihuni Lando Norris, dengan Alpine yang sempat tertatih-tatih karena pemilihan ban hard, membawa Fernando Alonso dan Esteban Ocon finis kedelapan serta kesembilan.

Pebalap Aston Martin, Sebastian Vettel, berhasil menembus zona poin. Pria yang baru saja mengumumkan bakal pensiun akhir tahun itu mengalahkan tandemnya, Lance Stroll, sekaligus pembalasan hasil di Paul Ricard.

Formula 1 sekarang akan memasuki jeda musim panas. Seri berikutnya bakal digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps dalam gelaran bertajuk Grand Prix Belgia pada 28 Agustus mendatang.

Hasil F1 GP Hungaria :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1191

Berita Terkait Lainnya :