28 Juli 2022
SPORTS MOBIL

Resmi: Sebastian Vettel Pensiun Akhir F1 2022



Empat kali juara dunia, Sebastian Vettel, mengumumkan gantung helm dari kejuaraan dunia Formula 1 selepas musim ini.

Pengumuman dilakukan Seb melalui akun barunya di Instagram, yang bertepatan jelang akhir pekan balapan Grand Prix Hungaria, pada Kamis (28/7/2022).

Memulai debut F1 pada 2007, Vettel meraih kesuksesan bersama Red Bull Racing. Mendominasi kejuaraan dari 2010 sampai 2013. Dia kemudian pindah ke Ferrari musim 2015, dan lalu memperkuat Aston Martin mulai 2021.

“Dengan ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari Formula 1 pada akhir musim 2022,” ucap pria asal Jerman itu dalam video yang diunggah di media sosial.

“Mungkin saya harus mulai dengan daftar panjang untuk berterima kasih kepada orang-orang sekarang, tetapi saya merasa lebih penting untuk menjelaskan alasan di balik keputusan saya.

“Saya suka olahraga ini. Itu telah menjadi pusat hidup saya. Tapi sebanyak ada kehidupan di trek, ada juga kehidupan saya di luar trek.

“Menjadi pebalap tidak pernah menjadi satu-satunya identitas saya. Saya sangat percaya pada identitas dengan siapa kita dan bagaimana kita memperlakukan orang lain daripada apa yang kita lakukan.”


Tak pelak pengumuman pensiun Vettel mengubah pasar pebalap Formula 1 untuk 2023. Aston Martin pun berpikir keras dalam mencari penggantinya, sekaligus tandem anyar Lance Stroll musim depan.

Selama 15 tahun berkiprah dalam balap jet darat, Vettel mencatatkan sejarah sebagai pemenang termuda pada 2008 bersama Toro Rosso.

Sang driver juga merupakan pebalap termuda yang menjadi juara dunia F1 musim 2010, ketika berusia 23 tahun dan 134 hari.

“Saya ingin berterima kasih kepada Sebastian dari lubuk hati saya atas pekerjaan hebat yang telah dia lakukan untuk Aston Martin selama satu setengah tahun terakhir,” kata bos Aston Martin, Lawrence Stroll.

“Kami menjelaskan kepadanya bahwa kami ingin dia melanjutkan bersama kami tahun depan, tetapi pada akhirnya dia telah melakukan apa yang dia rasa benar untuk dirinya dan keluarganya, dan tentu saja kami menghormati itu.

“Dia telah berkendara dalam balapan fantastis untuk kami, dan, di balik layar, memiliki pengalaman dan keahlian yang sangat berharga.”

Stroll melabeli sosok Vettel salah satu pebalap F1 terhebat sepanjang masa. Dia pun merasa terhormat dapat bekerja dengannya.

“Dia akan terus membalap untuk kami hingga dan termasuk Grand Prix Abu Dhabi 2022, yang merupakan Grand Prix ke-300 baginya. Kami akan memberinya hadiah yang luar biasa,” ucapnya.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1198

Berita Terkait Lainnya :