19 Juli 2022
HEADLINE MOBIL

Janji BMW M: Transmisi Manual Akan Dipertahankan Selama Mungkin



Terlepas dari tren pasar dan penurunan penjualan mobil manual, BMW M akan melawan arus dan berjanji akan menjaga transmisi tersebut tetap hidup. Hal itu diucapkan oleh bos BMW M, Frank van Meel, seperti dilansir majalah Inggris, Autocar.

Orang nomor satu BMW M tersebut mengutip jumlah permintaan untuk model stick shift berdasarkan pesanan total M2. Menurut van Meel, 50 persen dari pesanan M2 adalah untuk varian manual.

Hal itu membuat perusahaan bertekad untuk mempertahankannya selama mungkin, terlepas dari kekurangan yang dimiliki transmisi manual.


"Dari sudut pandang teknis, hanya ada sedikit alasan untuk mempertahankannya. Model ini lebih berat, lebih lambat, dan Anda mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih buruk daripada alternatifnya. Namun, pelanggan dan basis penggemar kami sangat menyukai transmisi manual," kata van Meel kepada Autocar.

"Dia menciptakan sebuah koneksi yang memungkinkan sang pengendara membuktikan bahwa mereka bisa menjinakkan binatang liar ini - dan itulah intinya. Kami ingin mempertahankannya."

Padahal, beberapa perusahaan lain telah mencoret atau mengumumkan potensi kematian transmisi manual di lineup mereka.


Volkswagen, misalnya, mengatakan bahwa kendaraan dengan stick-shift akan pensiun pada 2030. Sementara, Mercedes-Benz juga mengumumkan bahwa mereka akan secara bertahap menghilangkan gearbox manual pada awal 2023. Namun, transmisi manual adalah bagian dari daya tarik emosional mobil BMW M, menurut van Meel.

Dia mengutip bahwa Amerika Serikat (AS) adalah pasar terbesar untuk mobil M manual, dan selama pelanggan berkata mereka menginginkannya, "maka itu adalah hal luar biasa."

"Untuk M2, setiap mobil kedua dibeli dengan girboks manual. Orang ingin mengatakan bahwa mereka mampu menaklukkan monster itu. Jika mereka memiliki cara untuk menunjukkan bahwa mereka bisa, maka mereka menginginkannya - dan gearbox manual adalah bagian dari hal itu," tambah van Meel.

Debut BMW M2 generasi berikutnya akan terjadi tahun ini. Meskipun prototipe M2 yang sempat kami kendarai hadir dengan transmisi otomatis delapan kecepatan, gearbox manual enam kecepatan telah dikonfirmasi sebagai standar.


Sumber : id.motor1.com

viewed :: 1282

Berita Terkait Lainnya :