01 Juli 2020
SHOWROOM MOTOR

Modifikasi Yamaha Scorpio 2005 Jombang, Empunya Ngidam KTM, Sisakan Mesin dan Nomor Rangka


Lagi-lagi pipa besi seamless dijadikan bahan dasar untuk membuat main frame baru yang kokoh oleh Dana Prasetya. Ia modifikator dari rumah modifikasi GDZH Custom Cycle asal Jombang, Jawa Timur.

Kali ini basis motor Yamaha Scorpio keluaran tahun 2005 dijadikan bahan dasarnya. Sedangkan untuk modelnya, lebih merujuk pada KTM 250 SXF. "Hanya menyisakan down tube dan nomor rangka saja, sisanya main frame dan sub frame mengandalkan pipa seamless 3/4 dim," buka Dana yang menjadi bos GDZH.

Mengikuti main frame ala KTM idaman, bodi pun juga menebus model KTM yang serupa juga supaya harmonisasi antara bodi dan frame bisa enak dilihat. "Suka aja lihat KTM 250 SFX terlihat gagah. Makanya, saya sekalian menebus bodi tersebut dan itu juga atas saran dari modifikator sih," bilang Dimas Hudi pemilik Scorpio yang ngidam KTM.

Menegasi kesan tinggi meniru aslinya, Gondez panggilan akrab Dana menyarankan suspensi depan memakai Yamaha YZ125. "Rumah komstir tetap pakai Scorpio dan menyesuaikan YZ yang lebih besar, sedangkan triple T-nya saya aplikasi merk Zeta," beber Gondez dari Jl. Gubernur Suryo IVB/17 Jombang.

Bagian paling susah, justru ada di bagian swing arm. Susahnya ketika pemasangan lengan ayun yang sudut kemiringannya enggak bisa asal pasang. Makanya rumus matematika musti dikeluarkan supaya ketemu settingan yang pas dan nyaman ketika dipakai adventure.

"Setting suspensinya yang paling susah, baru ketemu setelah 3 kali ubahan. Dudukan yang pas dan nyaman baru ketemu di sudut kemiringan dekat as arm," bilangnya yang enggak mau nyebutin derajat kemiringan suspensinya.

Dengan ubahan seperti ini, rupanya Dimas juga kerap mengajak Scorpio ala KTM ini main ke hutan. Seperti belum lama ini, adventure di hutan Trenggalek. Itu artinya, ubahan yang dibikin Dana sang modifikator enggak asal modifikasi, bro!
Salut nih. [w33]

DATA MODIFIKASI
Ban depan: IRC 100/90-21
Ban belakang: IRC 100/100-18
Sok belakang: Honda CRF250
Knalpot: Custom
GDZH Custom Cycle: 0856-5599-9061




viewed :: 15087
Berita Terkait Lainnya :