17 September 2021
HEADLINE MOBIL

Krisis Chip Acak-Acak Penjualan Mobil Honda Indonesia



Penjualan mobil di Indonesia terdampak krisis chip semikonduktor. Akibat langkanya komponen yang dibutuhkan kendaraan masa kini tersebut, produksi mobil terhambat, pengiriman ke konsumen pun tertunda.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengalami dampak krisis semikonduktor. Penjualan mobil Honda pada Agustus 2021 mengalami penurunan.

HPM melaporkan penjualan mobil pada Agustus 2021 sebanyak 7.341 unit secara retail (dari dealer ke konsumen). Angka itu turun dari 8.234 unit pada bulan Juli 2021.

Honda menyebut, penjualan mobil di Agustus dipengaruhi oleh gangguan pasokan komponen semikonduktor yang terjadi secara global. Namun, Honda melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan produksi demi memenuhi permintaan konsumen.

"Secara umum, penjualan Honda pada bulan Agustus lebih rendah dibanding bulan sebelumnya karena terdampak oleh gangguan pasokan komponen (semikonduktor) yang mempengaruhi aktivitas produksi Honda di Indonesia, terutama untuk model-model yang memiliki volume produksi tinggi seperti Honda Brio dan Honda Mobilio," kata Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor.

"Saat ini, kami terus memonitor perkembangan kondisi ini sambil memaksimalkan produksi dengan komponen yang tersedia untuk dapat secepat-cepatnya memenuhi permintaan konsumen yang saat ini masih cukup tinggi," sambungnya.

Sementara itu, Honda Brio menjadi penyumbang penjualan terbesar di Agustus. City car yang menjadi mobil paling laris di tahun 2020 itu terjual sebanyak 2.875 unit pada Agustus 2021. Itu terdiri dari Honda Brio Satya sebanyak 1.216 unit dan Honda Brio RS sebanyak 1.659 unit.

Selain Honda Brio, model lain yang memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan Honda adalah Honda HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 1.768 unit, Honda City Hatchback RS sebanyak 912 unit dan Honda CR-V sebanyak 705 unit.

Sementara Honda Mobilio terjual sebanyak 587 unit, Honda BR-V sebanyak 217 unit, HR-V 1.8 L sebanyak 145 unit, Honda Civic Hatchback RS sebanyak 69 unit, Honda Odyssey sebanyak 24 unit, dan Honda Jazz sebanyak 1 unit. Sedangkan pada jajaran mobil sedan, Honda Accord terjual sebanyak 29 unit dan Honda Civic sebanyak 9 unit.

Meski terdampak krisis chip semikonduktor, penjualan Honda tahun ini masih lebih baik daripada tahun 2020. Sepanjang Januari-Agustus 2021, Honda telah membukukan penjualan sebanyak 65.014 unit. Angka itu naik sebesar 31% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 1117

Berita Terkait Lainnya :