17 September 2021
HEADLINE MOBIL

Mobil China Chery Langsung Gaspol Resmikan 50 Dealer



Produsen mobil asal China Chery bukan tanpa persiapan matang untuk bisa bersaing kembali di Indonesia. Terlebih brand ini pernah mengalami kerasnya persaingan yang membuat mereka gagal dan menyebabkan Chery angkat kaki dari Indonesia.

Marketing Director Chery Motors Indonesia, Qin Gang mengatakan kepada media, bahwa keseriusan Chery menggeluti pasar mobil Indonesia tidak main-main. Investasi besar siap digelontorkan di Indonesia, salah satunya dengan membangun dealer.

"Kami merencanakan akan mendirikan 50 dealer sebelum resmi memperkenalkan produk baru, dan kami berharap bisa mendirikan 100 dealer pada tahun pertama," ucap Qin Gang.

Akan tetapi sangat disesalkan Qin Gang enggan membicarakan model pertama apa yang bakal diperkenalkan di Indonesia.

Sebagai catatan Chery sudah merasakan kerasnya persaingan di Indonesia. Jika melihat sejarah Chery di Indonesia, nasib mereka terbilang buruk.

Sejak 2016, merek ini tidak terdaftar lagi sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Selama 10 tahun berkiprah di Indonesia, penjualan Chery juga belum semanis pabrikan Jepang.


Berdasarkan data wholesales Gaikindo, dalam kurun satu tahun pertama, mobil China Chery hanya berhasil menjual 269 unit mobilnya di Indonesia. Tahun kedua, penjualan Chery meningkat. Meski tak sampai ribuan unit, setidaknya Chery bisa melepas 759 unit.

Hasil baik masih ditorehkan Chery memasuki tahun ketiga. Chery membukukan penjualan sebanyak 853 unit. Penurunan penjualan Chery terjadi pada 2009 , penjualan Chery mulai merosot setengah saat itu menjadi hanya 407 unit. Kemudian naik lagi menjadi 528 unit pada 2010.

Penjualan Chery terus anjlok tiga tahun berturut-turut. Bahkan, pada 2013-2015 tak ada mobil Chery yang terjual. Hingga pada tahun 2016, nama Chery tak lagi ada dalam penjualan Gaikindo.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 1100

Berita Terkait Lainnya :