16 September 2021
GARASI MOTOR

Skutik Hybrid Yamaha Meluncur Di India, Harga Rp 14 Jutaan



Yamaha resmi merilis skutik hybrid terbaru mereka di India. Dinamakan Yamaha Ray ZR Hybrid, motor bermesin combustion engine ini dilengkapi dengan motor listrik yang membantu pada saat proses akselerasi. Seperti apa detail dan harga resmi skutik ini di India?

Dikutip dari laman Indianautosblog, Ray ZR Hybrid tentunya membawa keunggulan berupa Sistem Hybrid. Sistem ini menggabungkan mesin konvensional dengan motor listrik atau dinamo sebagai penyuplai tenaga tambahan.

Jadi di skutik ini terdapat Smart Motor Generator (SMG) System yang mendapat fungsi tambahan dari Hybrid System, di mana SMG ini berfungsi sebagai motor listrik untuk memberikan Power Assist saat berakselerasi dari posisi berhenti. Nah ketika putaran mesin (rpm) melebihi level yang ditetapkan atau tiga detik setelah start, maka fungsi Power Assist akan mati.


Untuk mengetahui apakah fitur ini bekerja, lampu indikator di instrument cluster akan menginformasikan pengendara saat Power Assist (Hybrid System) beroperasi. Hadirnya tenaga bantuan dari motor listrik ini akan membuat motor lebih bertenaga, terutama ketika dikendarai di jalan menanjak.

Oh iya, soal mesin, skutik hybrid Yamaha Ray ZR ditenagai jantung mekanis 125 cc, injeksi, yang menghasilkan output daya 8,2 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,3 Nm pada 5.000rpm.

Varian cakram dan model Street Rally Yamaha Ray ZR dibekali fitur aplikasi Yamaha Motorcycle Connect-X Bluetooth yang bisa dikoneksikan ke smartphone pengendara. Fitur-fitur yang ada di aplikasi itu antara lain Answer Back, Locate my Vehicle, Riding History, Parking Record, dan Hazard.

Secara tampilan, Yamaha Ray ZR memiliki bodi yang mungil, namun bongsor. Motor ini mendapatkan sejumlah fitur modern seperti lampu depan LED, lalu panel instrumen full digital. Pada versi Street Rally, mendapat tambahan pelat logam, wheel stripe, brush guard, dan block pattern tyres.

Bagaimana dengan harganya? Di India, Yamaha Ray ZR dibanderol cukup terjangkau dengan harga mulai dari INR 76.830 atau setara Rp 14,8 juta.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 1119

Berita Terkait Lainnya :