16 September 2021
SPORTS MOTOR

Hasil Race 2 MXGP Afyon: Gajser Tercepat, Herlings Kuasai GP



Tim Gajser menjadi yang tercepat pada Race 2 MXGP Afyon namun pemenang Grand Prix (GP) direbut Jeffrey Herlings kendati finis di P2.

Tim Gajser (Team HRC) berhasil memenangi duel sengit dengan Jeffrey Herlings (Red Bull KTM Factory Racing) pada Race 2 MXGP Afyon yang berlangsung Rabu (8/9/2021) siang waktu setempat.

Dalam lomba berdurasi 30 menit plus dua lap tersebut, Gajser mencatat total waktu 34 menit 44,781 detik setelah melibas 19 lap. Herlings masuk di posisi kedua dengan gap hingga 5,947 detik.

Posisi ketiga ditempati Antonio “Tony” Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing). Juara dunia motocross sembilan kali (termasuk MXGP 2014 dan 2017) itu terpaut 8,978 detik dari Gajser.

Kemenangan di Race 2 membuat Gajser mengoleksi total 45 poin di MXGP Afyon setelah pada Race 1 ia hanya finis di P3 di belakang Herlings dan Cairoli. Cairoli sendiri berada di P3 overall setelah mengemas 42 poin dari dua race.

Adapun pemenang MXGP Afyon menjadi milik Herlings. Juara dunia MXGP 2018 tersebut mengoleksi total 47 poin hasil kemenangan pada Race 1 (25 poin) dan finis kedua di Race 2 (22).

Bagi Herlings, ini kemenangan GP ketiga musim ini. Sebelumnya, kroser asal Belanda tersebut menguasai MXGP Italia pada awal Juli dan MXGP Turki, akhir pekan lalu.


Gajser vs Herlings
Turun di Sirkuit Afyon Motor Sports Center sepanjang 1,725 km bertipe lintasan hard pack, Jorge Prado (Red Bull KTM Factory Racing) langsung melesat di P1 sekaligus merebut holeshot.

Kroser muda Spanyol tersebut diikuti Jeffrey Herlings, juara dunia Tim Gajser, dan Pauls Jonass (Standing Construct GasGas Factory Racing Team).

Beberapa saat kemudian, Prado sempat memperlebar gap dengan Herlings menjadi 1,8. Sementara, Gajser yang membuat sedikit kesalahan di P3 semakin dekat dengan Antonio Cairoli (Red Bull KTM Factory Racing).

Sekira lap 7, Gajser mampu melibas Herlings untuk P2. Prado pun menjadi target berikutnya dari juara dunia MXGP tiga kali (2016, 2019, 2020) tersebut. Pada lap 8, Prado yang masih ada di P1 hanya unggul sekira 0,2 detik atas Gajser.

Di P3, Herlings tetap berusaha keras untuk merebut P2 dari Gajser. Namun, di lap 9, Gajser justru berhasil merebut P1 dari tangan Prado dan mulai memperlebar gap. Satu lap berselang, Herlings mampu mengambil posisi Prado di tempat kedua.

Kendati begitu, Gajser yang tidak memiliki penghalang di depan, terus berusaha menjauh dari para rivalnya. Saat lomba memasuki sekira menit ke-20, gapnya dengan Herlings di P2 sudah 3 detik lebih.

Sekira lima menit plus dua lap sebelum lomba berakhir, Gajser semakin menjauh dari Herlings dengan selisih waktu hingga 5,5 detik. Hal sebaliknya dialami Prado yang semakin tertekan oleh Cairoli di P4 karena hanya tertinggal 0,9 detik.

Beberapa menit menjelang finis, Gajser berhasil mencetak waktu lap sedangkan Cairoli akhirnya mampu merebut P3 dari tangan Prado. Komposisi finis podium Tim Gajser, Jeffrey Herlings, dan Tony Cairoli ini bertahan sampai lomba selesai.

Hasil Race 2 MXGP Afyon :

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 1114

Berita Terkait Lainnya :