08 Juli 2020
SHOWROOM MOBIL

Modif Toyota Avanza SQL : Senang Suara Kencang


Charlie memang menggandrungi dunia car audio. Hal itu diapresiasikan pada tunggangannya yaitu Toyota Avanza yang dijejali beragam perangkat, yang dibangun lumayan ekstrim dengan mengedepankan konsep SQL (Sound Quality Loud).

"Gue memang senang suara yang kencang bos, seru aja nikmatin musik sambil melakukan rutinitas di dalam mobil kesayangan ini. Alhasil suaranya memang bikin puas dari tema yang dulu gue gagas," tutur owner mobil.

Keinginan pemilik mobil menikmati hiburan audio maupun visual didalam Toyota Avanza diwujudkan dengan mengganti head unit standard dengan Pioneer AVH-X8550BT, sehingga semua format lagu maupun film favorit bisa dinikmati di dalam mobil. "Jadi pemilik mobil bisa nyaman mas menikmati hiburan dengan format kepingan CD maupun USB, lalu gambarnya juga cukup tajam," buka Inge, selaku installer mobil.

Sedangkan, penambahan pre-amp untuk membantu meningkatkan voltase ketika ingin memainkan musik yang kencang, khususnya di sektor suara bass. "Jadi arusnya tetap stabil, mau digeber kencang suara tetap konstan, gak naik turun," tambah Inge.

Berbincang soal suara, hal yang diwujudkan adalah kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang di dalam mobil, sehingga penempatan speaker ditata dengan apik mulai dari depan disematkan speaker 3-way dengan pembuatan pilar A custom. "Sehingga pengemudi bisa nyaman dalam menikmati hiburan dengan speaker 3-way, mulai dari panggung yang lebar dan dalam serta tonal suara yang akurat yang terbagi dari high, mid maupun low diemban dengan speaker 3-way," imbuh Inge.

Kemudian di buritan kabin, berjejalnya speaker diperuntukkan jika mobil sedang show off dan penjurian SQL. "Jika buat harian ketika mobil sedang show-off suaranya bisa presisi, hal itu karena saya tambahkan 2 set speaker split dan satu set speaker coaxial. Sedangkan dalam ranah kontes SQL, dalam penjurian suara saya gunakan speaker split sehingga pengaturan suara lebih mudah antar driver, karena dilakukan melalui pasif crossover jadi baik tweeter dan midbass bekerja di frekuensinya saja, alhasil dapat mendongkrak poin suara," cetus Inge.

Sementara gebukan bass diakomodir dengan penambahan 2 subwoofer dibalut boks ported lalu ditambahkan corong pada tiap boksnya, sehingga hembuhan bass makin dahsyat. "Sengaja dibuat corong (port) pada boksnya, hal itu akan meningkatkan dB yang sangat mempengaruhi nilai ketika penjurian SQL," tukasnya.

Dalam mengakali suplay tenaga yang diperlukan dalam sistem audio Toyota Avanza ini, aki standard mobil ditambah 2 unit aki yang memiliki amper yang besar. Sedangkan power amplifier menggunakan 3 unit berbeda kanal.

"Karena kebutuhan arus lebih banyak, jadi aki saya tambah 2 lagi. Sedangkan power amplifier 2 unit 4-channel untuk suplay ke speaker, lalu satu power monoblok untuk drive 2 subwoofer dengan cara di-bridge," tutupnya. [w33]

Spek Audio
Head Unit : Pioneer  AVH-X8550BT
Pre-amp : Clif Design CD-8EQ
Speaker : Venom VI3CT, VI3M, VI 2.5CT, VX6BII
Subwoofer : Venom Silver 5012
Power Amplifier : Venom VD2600SII (2pcs), Venom V1000.1
Capasitor Bank : Venom VC1.2 (2 pcs)
Kabel RCA : Venom
Kabel Speaker : Mass Enginering
Aki Tambahan : Iton

viewed :: 18221
Berita Terkait Lainnya :