04 Maret 2021
HEADLINE MOBIL

Jeep Tolak Permintaan Suku Indian Agar Copot Nama Cherokee


Jeep menolak permintaan suku Indian Cherokee agar mencopot nama Cherokee di seluruh mobil Jeep Cherokee dan Jeep Grand Cherokee. Hal itu diungkap oleh Ketua Cherokee Nation, Chuck Hoskin Jr kepada Automotive News.

Chuck Hoskin Jr mengatakan sejak permintaan pencopotan nama mengemuka, Jeep memang telah berupaya melakukan mediasi. Hanya saja saat itu mediasi tersebut sama sekali tidak menemukan titik temu.


Cherokee Nation tetap pada keinginan agar tidak ada penggunaan nama-nama Indian pada kepentingan bisnis. Sebaliknya Jeep justru memiliki alasan khusus mengapa mereka tetap berupaya mempertahankan nama Cherokee.

"Kami selalu beranggapan bahwa mencopot nama-nama Indian di kepentingan bisnis adalah hal yang benar. Dan saya pikir mereka menghormati apa yang kami utarakan dan tetap menolaknya. Saat ini mereka memang masih membuka berbagai kemungkinan, saya pikir, untuk diskusi lebih panjang, begitu juga dengankami. Jadi kami pikir hal itu adalah diskusi yang sangat baik dengan saling menghormati," ucap Chuck Hoskin Jr.

Dia juga berharap agar masalah ini tidak perlu difokuskan hanya kepada Jeep semata. Menurutnya saat ini masalah penggunaan nama-nama Indian dalam kepentingan bisnis sudah melampaui batas. Ada banyak pihak-pihak lain dengan tanpa sadar mengeksploitasi nama-nama khas Indian.

"Tidak hanya isu Jeep saja, banyak tindakan salah dilakukan saat menampilkan budaya dan segala hal yang khas India. Saya pikir negara ini sedang dalam kondisi yang baik untuk mendiskusikan lagi masalah ini agar segera beralih dari eksploitasi dan penggambaran yang tidak sesuai dengan kebudayaan kami," jelasnya.

Diketahui sebelumnya di situs Car and Driver, Chuck Hoskin Jr, Ketua Cherokee Nation meminta agar Jeep mencopot nama Cherokee di mobil buatan mereka. "Kami yakin niatan mereka memilih nama berdasarkan niatan baik. Hanya saja menempel nama kami di badan mobil bukanlah satu hal penghormatan buat kami," ujar Chuck Hoskin Jr.


Dia melanjutkan suku Indian Cherokee adalah suku yang perlu diapresiasi, dihormati dan dihargai. Sebagai suku India yang berdaulat dan memiliki Pemerintahan yang diakui, Cherokee harusnya menurut Chuck Hoskin Jr dihormati dengan cara dipelajari dan melakukan dialog antarbudaya.

Dia mengatakan saat ini, ketika isu Black Lives Matter mengemuka, penghormatan terhadap suku asli Amerika seharusnya juga merasakan hal yang sama. Bukan rahasia lagi menurut Chuck Hoskin Jr, suku India justru dijadikan bahan eksploitasi untuk kepentingan komersial.

"Saya rasa sudah saatnya perusahaan korporasi atau klub-klub olahraga untuk berhenti menggunakan nama, imej dan maskot yang berkaitan dengan suku Indian hanya untuk kepentingan komersial," terang Chuck Hoskin Jr.

Sumber : otomotif.sindonews.com

viewed :: 178

Berita Terkait Lainnya :