15 Agustus 2019
TIPS MOBIL

Memilih Kaca Film Untuk Mobil


Bagi sebagian besar JIP mania, mungkin tidak ambil pusing soal pemilihan kaca film. Entah karena lebih suka tidak pakai kaca film, atau memang tidak ada jendela sama sekali layaknya jip kompetisi.

Namun bagi yang menggunakan SUV atau 4x4 untuk kegiatan harian, dan sedikit petualangan di akhir pekan, maka kaca film menjadi penting. Kenyamanan dan keamanan berkendara, sekaligus menikmati pemandangan luar, menjadi faktor penentu ketika memilih kaca film.

Untuk memahami teknologi dan jenis kaca film yang baik secara visibilitas dan kemampuan menolak panasnya, berikut dipaparkan beberapa tips khusus.

Tips memilih kaca film :
1. Pengetahuan dasar
Pemilihan kaca film yang baik dapat dibantu oleh gadget yang disebut Transmission meter. Alat ini mengukur energi panas yang dihasilkan matahari dan dijelaskan menurut panjang gelombangnya (wavelength). Kita hanya dapat melihat sinar di kisaran 380-780 nm, celakanya energi infrared yang masuk di atas bilangan tersebut tidak dapat dilihat oleh mata telanjang (800-2.500 nm). Maka itu alat ini cukup membantu dalam menjelaskan teknologi secara lebih simpel.

2.  Hitam tapi panas
Alat ini memecah stereotype yang sebelumnya dijelaskan, dimana kaca film hitam lebih ampuh menolak panas. Kaca film yang dimasukkan ke dalam transmission meter ini termaksud sample produk paling gelap, tetapi sinar infrared yang masuk ke dalam kabin justru hampir tanpa hambatan (88%). Ini akan membuat kabin lebih panas.

3. Teknologi tolak panas
Teknologi terbaru memberikan tingkat visibilitas tinggi dan kemampuan menolak panas via hambatan terhadap sinar infrared. Dua kaca film yang diuji pada transmission meter ini cenderung lebih bening (clear), tetapi sinar inframerah yang masuk ke dalam kabin ternyata di bawah 5%. Secara tidak langsung angka tersebut menyatakan kondisi interior yang lebih bersahabat (adem).

Dari seluruh keunggulan teknologi yang ditawarkan, tingginya harga jual produk tersebut terkadang menjadi pertimbangan. Belum lagi pemilihan merek berdasarkan testimonial dari lingkungan (pengguna), kerapihan dalam pemasangan, dan garansi dari sang penjual, harus tetap diperhitungkan.       ..... (w33)

viewed :: 11738
Berita Terkait Lainnya :