27 September 2020
SPORTS MOTOR

MotoGP Catalan: Morbidelli Meraih Pole Perdana Dan Memimpin Yamaha 1-2-3


Franco Morbidelli merebut posisi terdepan MotoGP perdananya dan memimpin Yamaha 1-2-3 di kualifikasi Grand Prix Catalan, sementara Andrea Dovizioso dari Ducati hanya berada di urutan ke-17.

Perebutan pole di Catalunya berkecamuk di antara keempat pebalap Yamaha di akhir Q2, dengan Morbidelli menyundul Fabio Quartararo dan Valentino Rossi pada hari yang sama, masa depan 2021 yang terakhir dengan SRT dikonfirmasi.

Rossi menetapkan kecepatan awal di pabrikannya Yamaha dengan 1m39.881s, meskipun ini segera dikalahkan oleh Maverick Vinales dengan 1m39.655s.

Morbidelli kemudian mengambil alih posisi teratas dengan 1m39.110s untuk mengakhiri putaran pertama tercepat, sementara rekan setimnya Quartararo hanya berada di urutan ketujuh setelah melakukan kesalahan dalam perjalanan menuju Tikungan 10.

Saat sesi memasuki beberapa menit terakhir, kuartet Yamaha menyalakan layar waktu, dengan Quartararo unggul dengan 1m39.008s.

Tapi Morbidelli menggali lebih dalam di lap terakhirnya dan tampil mengesankan di sektor terakhir sirkuit Catalunya untuk mencetak 1m38,798s untuk mengklaim pole pertamanya di kelas premier dan balapan grand prix pertamanya sejak musim terakhir Moto2 pada 2017.

Quartararo (bawah) melaju ke satu lap terakhir tepat saat bendera kotak-kotak dikeluarkan, tetapi tidak dapat memperbaiki posisi kedua, dengan Rossi menyelesaikan barisan depan untuk pertama kalinya musim ini.


Jack Miller dari Pramac adalah pebalap Ducati terbaik di urutan keempat, pebalap Australia 1m39.225s datang lebih awal di Q2 dengan satu-satunya ban lunaknya yang harus menggunakan satu set ekstra untuk melewati Q1.

Vinales didorong kembali ke tengah baris kedua, sementara Johann Zarco dari Avintia naik ke sxith dengan lap terakhirnya untuk menggulingkan mantan rekan setimnya Pol Espargaro di KTM kembali ke urutan ketujuh.

Joan Mir hanya bisa menempati posisi kedelapan dengan Suzuki, dengan Danilo Petrucci di Ducati dan Brad Binder dari KTM menyelesaikan 10 besar.

Pebalap LCR Takaaki Nakagami hanya bisa menempati posisi ke-11 dari Honda yang berusia setahun setelah melaju dari Q1, dengan Miguel Oliveira ke-12 di Tech3 KTM setelah jatuh lebih awal di Tikungan 10.

Musim sulit Dovizioso berlanjut, karena pebalap Ducati itu gagal melakukan apa pun di Q1 dan hanya bisa menghasilkan 1m40.109s cukup baik untuk posisi ke-17 di grid.

Menandai ketiga kalinya ia tidak lolos dari Q1, Dovizioso akan mulai bersama Alex Marquez dari Honda di urutan ke-18 dan LCR Honda yang cedera dari Cal Crutchlow di urutan ke-16.

Alex Rins nyaris masuk ke Q2 untuk bergabung dengan rekan setimnya Mir, tetapi ditolak oleh Nakagami di akhir Q1 dan akan start di urutan ke-13 di depan Francesco Bagnaia (Pramac) dan Aleix Espargaro dari Aprilia.

Hasil kualifikasi MotoGP Catalan :

Sumber : https://www.autosport.com/motogp/news/

viewed :: 146

Berita Terkait Lainnya :