26 September 2020
SPORTS MOBIL

F1 GP Rusia: Hamilton Merebut Pole Meski Ketakutan Di Q2


Lewis Hamilton mengklaim posisi terdepan untuk Formula 1 di Grand Prix Rusia 2020 meskipun hampir tidak mengatur putaran Q2 setelah Sebastian Vettel jatuh, sementara Max Verstappen mengalahkan Valtteri Bottas ke posisi kedua.

Hamilton juga menghadapi investigasi pascakualifikasi untuk pelanggaran batas lintasan - bersama dengan Nicholas Latifi, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen - di Q1, dan merupakan satu-satunya pebalap di tiga besar yang akan memulai balapan dengan menggunakan ban lunak yang tidak layak. dari hampir-hampir-nya Q2.

Dalam sesi tersebut, di mana titik-titik hujan dilaporkan lebih awal, Mercedes mengirimkan kedua mobilnya menggunakan ban medium, seperti yang dilakukan Red Bull dengan Verstappen.

Tapi baik Hamilton dan Bottas dipaksa untuk melakukan run kedua pada karet yang lebih keras karena yang pertama dihapus waktunya karena pelanggaran batas trek di tikungan terakhir dan upaya pertama yang terakhir mengecewakan.

Bottas kemudian dapat mengatur waktu yang cukup baik untuk membawanya ke Q3, tetapi Hamilton harus membatalkan putaran keduanya ketika Vettel jatuh di Tikungan 4 dan sesi itu ditangguhkan.

Pengemudi Ferrari tampaknya memotong trotoar di bagian dalam hander kanan dan bagian belakang dengan cepat menjauh darinya, berputar ke dinding di luar dan mengetuk sayap depannya - yang disambar oleh Charles Leclerc yang mengikuti dari dekat - dan sayap kanannya. roda depan.

Ketika sesi dimulai kembali, Mercedes mengirim Hamilton dengan ban lunak, yang berarti Bottas akan memulai dengan strategi yang berlawanan dengan ban medium bersama dengan Verstappen, yang memimpin segera ke garis untuk menyelesaikan putaran terakhir dengan 2m15 detik pada jam setelahnya. Kecelakaan Vettel.

Verstappen juga berjalan dengan lembut dan terlihat membaik pada Q2 terbaik sebelumnya di medium, tetapi dia meninggalkan larinya sehingga dia akan mengambil start dengan karet yang lebih keras, yang diharapkan menjadi ban balapan yang lebih baik dalam apa yang akan menjadi satu. acara berhenti.


Hamilton, yang meluncur melebar di Tikungan 2 pada putaran keluarnya saat ia berlari ke antrean mobil dengan putus asa mencoba untuk mencapai 10 besar adu penalti, melewati garis dengan hampir satu detik tersisa pada jam.

Tapi dia bisa balapan dan melaju dengan waktu tercepat keempat di Q2, yang dipimpin oleh Ricciardo, dengan lap terakhir di sesi tersebut dan sebagai akibatnya menyingkirkan Leclerc yang frustrasi.

Di Q3, Hamilton memimpin dengan 1m31.391s, sementara Bottas harus menutup selisih 0.793s setelah pembukaan berjalan di adu penalti terakhir.

Pebalap Finlandia itu melakukan peningkatan pada putaran terakhirnya, meskipun menguasai trotoar di pintu keluar Tikungan 2, tetapi masih tertinggal 0,5 detik bahkan sebelum Hamilton menyelesaikan putaran terakhirnya - 1m31,304 detik, yang merupakan rekam jejak baru dan memberinya rekor pertama. tiang di Sochi sejak 2014.

Verstappen mengatur lap terakhirnya lebih lambat dari dua Mercedes dan berlari sedikit di belakang Bottas di dua sektor pembuka sebelum dia melaju ke depan dengan sektor terakhir yang cepat untuk bergabung dengan Hamilton di barisan depan.

Sergio Perez akan start di urutan keempat di depan Daniel Ricciardo dan Carlos Sainz Jr, sementara Esteban Ocon, Lando Norris, Pierre Gasly dan Alex Albon melengkapi 10 besar.

Daniil Kvyat mengambil posisi ke-12 untuk AlphaTauri di depan Lance Stroll, yang didorong keluar dari antrian sebelum lap terakhir Q2 yang mendesak dengan dugaan masalah, dan George Russell dan Vettel.

Russell mengatur putaran tunggal di Q2 ketika dia berlari solo selama jeda pertengahan sesi sebelum kecelakaan Vettel dan dia melaju 0,5 detik lebih cepat dari waktu Q1-nya, yang sudah cukup untuk keluar dari segmen pembuka untuk pertama kalinya dalam tiga balapan. .

Pada Q1, perbaikan terakhir Russell untuk mencapai Q2 menyingkirkan Romain Grosjean, yang akan start ke-16, saat Ferraris mencetak gol di P14 dan P15 di segmen pembukaan.

Antonio Giovinazzi berakhir di urutan ke-17 di depan Magnussen dan Latifi, yang, bersama dengan Grosjean, melaju ke putaran Q1 terakhir tanpa waktu yang ditentukan setelah berada di antara kelompok pelari - juga termasuk Hamilton dan Gasly - yang lap pembuka mereka dihapus karena memotong pembatasan di Tikungan 2.

Kimi Raikkonen memenuhi syarat terakhir untuk balapan di mana dia akan menyamai rekor Rubens Barrichello untuk sebagian besar start F1 - dengan asumsi dia mengambil start pada hari Minggu - setelah berputar di lap terakhirnya.

Raikkonen melakukan putaran 360 setelah menabrak trotoar batas jalur oranye di puncak Tikungan 2, yang memutarnya dan dia melakukan tur perlahan di dalam tikungan panjang berikutnya untuk menghindari gangguan pada mobil-mobil yang mengikuti Alfa Romeo.

Hasil kualifikasi F1 GP Rusia :

Sumber : https://www.autosport.com/f1/news/

viewed :: 151

Berita Terkait Lainnya :