25 September 2020
HEADLINE MOBIL

VW Ciptakan Robot Pengisi Daya Mobil Listrik


Volkswagen (VW) memperkenalkan konsep untuk memecahkan masalah infrastruktur kendaraan listrik dalam bentuk robot seluler pengisi daya (charger). Seperti apa teknologi ini?

Dilansir dari Carscoops, Divisi Komponen Grup VW telah menciptakan robot pengisian daya yang bergerak secara otomatis ke kendaraan listrik yang diparkir. Robot ini dapat membuka tutup pengisi daya dan menghubungkan steker tanpa interaksi manusia.

Robot tersebut membawa trailer perangkat penyimpanan energi mobile ke kendaraan yang digunakan untuk mengisi baterai. Robot akan meninggalkan perangkat selama proses pengisian karena melanjutkan tugasnya untuk mengisi daya ke kendaraan listrik lain. Setelah pengisian selesai, robot mengumpulkan perangkat penyimpanan dan membawanya kembali ke stasiun pengisian.

Robot pengisian daya ini diluncurkan melalui aplikasi ponsel cerdas atau komunikasi V2X. Di mana kereta baterai ini memiliki fitur pengisian cepat hingga 50 kW DC.

 
"Robot pengisian daya ponsel akan memicu revolusi dalam pengisian daya di berbagai fasilitas parkir, karena kami membawa infrastruktur pengisian daya ke mobil dan bukan sebaliknya. Dengan ini, kami membuat hampir setiap tempat parkir mobil listrik tanpa infrastruktur individu yang kompleks,” ujar Kepala Pengembangan Komponen Grup Volkswagen, Mark Moller.

Robot tersebut dilengkapi kamera, pemindai laser, dan sensor ultrasonik, yang memungkinkannya bergerak bebas di area parkir, mengenali rintangan dan bereaksi terhadapnya, selain melakukan proses pengisian daya sendiri.

“Ini adalah prototipe visioner, yang dapat dibuat menjadi kenyataan dengan sangat cepat, jika kondisi umum tepat," kata Moller.

Stasiun pengisian daya cepat dan kotak dinding DC sudah menjadi bagian dari strategi EV VW, dengan solusi di masa depan. Di mana robot pengisian daya ponsel yang saat ini sedang dalam pengembangan untuk produksi.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 155

Berita Terkait Lainnya :