06 Desember 2018
SHOWROOM MOTOR

Honda CB550 Cafe Racer Blackwing


Honda CB550 lansiran tahun 1974 milik seorang pegawai Rumah Sakit (RS) di luar negeri ini terinspirasi oleh model sebuah pesawat tempur. Mulai dari beberapa detail aksesoris dan motif catnya memberikan kesan tersebut.

Pengerjaan bodywork-nya menggunakan bahan pelat besi terutama untuk bagian windscreen, tangki, dan buritannya. Detail sambungan pelat pesawat tempur yang khas dengan banyaknya baut pengait sangat nampak pada windscreen dan buritannya.

Pengerjaan awal di mulai dengan pembuatan tangki, buritan, dan subframe secara handmade alias semua dikerjakan manual tangan. Semua desain ini berakhir dengan proses pengecatan serta grafis sederhana berbentuk sayap khas logo Honda (Blackwing). Rangka utama dengan subframe dibalut dengan warna kontras, hitam pada bagian depan dan aksen krom pada rangka belakang.

Swingarm belakang mengadopsi part custom pabrikan dengan menganut suspensi tunggal (monoshock). Untuk fork depan mengadopsi sistem upside-down Suzuki GSX-R600 lengkap dengan perangkat remnya baik untuk sektor depan maupun belakang. Sedangkan kedua rodanya mengadopsi milik Harley-Davidson.

Lanjut ke sektor mesin, seluruh bodynya semakin terlihat 'kinclong' berkat lapisan krom yang melapisinya. Sistem knalpot diatur ulang dengan menggunakan bahan pipa stainless steel dengan konfigurasi 2-2 dan diakhiri silincer keluaran Cone Engineering.

Beberapa aksesoris tambahan lainnya seperti lampu sein dan stoplamp merupakan hasil dari custom ulang guna menyesuaikan dengan bodywork yang sudah dirombak total ini. Perangkat baterai dengan tambahan konektor USB memberikan kemudahan pegawai RS ini untuk mengisi ulang daya gadget-nya Semua pengerjaan modifikasi ini diserahkan kepada Meyerbuilt Metalworks. [w33]

viewed :: 12758
Berita Terkait Lainnya :