22 September 2020
SPORTS MOTOR

MotoGP Misano: Vinales Menjadi Pemenang Berbeda Keenam Tahun 2020


Maverick Vinales meraih kemenangan pertama di musim MotoGP 2020 setelah kecelakaan yang dialami pemimpin lama Francesco Bagnaia menghadiahkan pebalap Yamaha itu di Grand Prix Emilia Romagna.

Vinales berjuang dari posisi terdepan pada balapan Misano pertama minggu lalu karena pilihan ban yang salah, tetapi perubahan pendekatan set-up dalam latihan berarti dia jauh lebih kuat sejak awal pada hari Minggu.

Pebalap Yamaha itu memimpin dari Pramac Ducati yang memulai dengan cepat dari Jack Miller ke Tikungan 4 pada lap pembukaan dan membuka jeda setengah detik.

Harapan Miller untuk naik podium dengan cepat memudar dan dia akan keluar dari balapan pada lap delapan karena masalah mesin.

Bagnaia dengan motor adik Pramac adalah pebalap yang memimpin pengejaran di Vinales pada lap kedua, dengan pebalap Italia itu menemukan jalan ke lap enam di Tikungan 4 saat pebalap Yamaha itu melebar.

Menggunakan tenaga dari Ducati dan cengkeraman dari ban belakangnya yang lembut, Bagnaia langsung unggul lebih dari tujuh persepuluh, dengan keunggulan itu berkembang menjadi lebih dari satu detik beberapa lap kemudian.

Di belakang, kekacauan terjadi di lap pembukaan, dengan Brad Binder dari KTM menabrak jepit rambut Carro di Tikungan 14 pada tur kedua karena baru saja naik ke posisi podium.

Beberapa saat sebelumnya, Valentino Rossi (Yamaha) keluar dari delapan besar di Tikungan 4 dan akhirnya mundur.

Di depan, jarak Bagnaia tetap stabil antara 1,4 dan 1,6, dengan Vinales dengan nyaman mengelola jarak di belakang untuk mengejar Pol Espargaro di KTM dan Petronas ’Fabio Quartararo.

Meskipun jarak turun menjadi 1,1 detik pada awal lap ke-21, Bagnaia masih terlihat memegang kendali, meskipun akan mengalami patah hati yang kejam ketika dia menabrak petenis kidal di Tikungan ke-6.

Ini membebaskan Vinales menjadi pemimpin yang tidak akan dia serahkan ke bendera kotak-kotak untuk menjadi pemenang keenam yang berbeda pada tahun 2020 dan segera kembali ke pertarungan kejuaraan.

Pertarungan untuk kedua berkecamuk di lap-lap terakhir, saat ban belakang lembut Espargaro mulai memudar dan Quartararo memburu rumah.

Pebalap Suzuki, Joan Mir, mendekati pasangan ini setelah memulai dari urutan ke-11 dan menyisir bagian dalam Quartararo di lap 23 di Tikungan 1 untuk posisi ketiga, sebelum mencuri posisi kedua dari Espargaro di Tikungan 4 di lap berikutnya.

Quartararo mengikutinya melalui Tikungan 4, tetapi terkena penalti putaran panjang pada putaran terakhir karena terlalu sering melebihi batas lintasan.

Pebalap Petronas tidak mengambil lingkaran penalti dan terkena penalti waktu tiga detik di bendera kotak-kotak, menjatuhkannya ke urutan keempat dan mempromosikan Espargaro naik podium.

Hasil balapan :

Sumber : www.motorsport.com

viewed :: 160

Berita Terkait Lainnya :