22 September 2020
SPORTS MOTOR

Barcelona WSBK: Van Der Mark Menang, Bautista Tersingkir


Michael van der Mark mencetak kemenangan perdananya pada musim World Superbike 2020 dalam balapan Superpole di Barcelona setelah pebalap Honda Alvara Bautista tersingkir dari posisi terdepan.

Pada awal balapan sprint 10 lap, polesitter Jonathan Rea melakukan start bersih dari posisi terdepan untuk memimpin ke Tikungan 1, dengan van der Mark menempatkan Yamaha-nya ke posisi kedua dengan peluncuran yang brilian dari posisi keempat.

Bautista awalnya turun dari posisi kedua ke keempat, tetapi dengan cepat mengalahkan Kawasaki dari Alex Lowes untuk naik ke posisi ketiga.

Saat tiga besar menjauh dari sisa lapangan, Bautista memanfaatkan slipstream untuk mengoper baik Rea dan van der Mark ke Tikungan 1 di lap 3, memimpin untuk pertama kalinya.

Namun, harapan untuk meraih kemenangan pertama Honda dengan Fireblade baru hancur segera setelah Bautista mengalami kesulitan saat keluar dari Tikungan 4, memaksanya segera mundur dari balapan.

Tepat ketika Bautista diluncurkan dari motornya, van der Mark berhasil menyalakan Yamaha-nya dari dalam ke Tikungan 4 untuk mengungguli Kawasaki dari Rea.

Rea berhasil bertahan sekitar tiga perempat detik dalam van der Mark untuk lima lap berikutnya, tetapi pebalap Belanda itu berhasil memperpanjang keunggulannya menjadi lebih dari satu detik pada lap 8.

Itu memungkinkan dia untuk mengklaim kemenangan pertamanya di WSBK sejak Jerez pada 2019, ketika pemimpin kejuaraan Rea finis 2,7 detik di belakang di posisi kedua dengan pimpinan Kawasaki.

Sepuluh pebalap Kate Yamaha Loris Baz melakukan beberapa langkah yang dinilai dengan baik untuk finis ketiga dan meraih podium keduanya musim 2020.

Pebalap pabrikan Chaz Davies berhasil menahan gerak maju pebalap GRT Yamaha Garrett Gerloff untuk finis keempat, kedua pebalap itu hanya terpaut 0,056 detik pada bendera kotak-kotak.

Michael Ruben Rinaldi diklasifikasikan keenam di Go Eleven Ducati, mengalahkan Kawasaki Lowes kedua.

Pebalap Ducati Scott Redding mengalami balapan yang tenang dalam perjalanan ke posisi kedelapan, terpeleset 48 poin di belakang Rea di klasemen kejuaraan dengan tujuh balapan tersisa untuk dijalankan pada 2020.

Pebalap BMW Tom Sykes diklasifikasikan kesembilan, sementara mantan pebalap MotoGP Jonas Folger mengisi posisi terakhir untuk melengkapi 10 besar.

Leon Haslam pensiun di awal balapan setelah insiden dengan Federico Caricasulo dari GRT, menandai DNF ganda untuk tim pabrikan Honda.

Hasil balapan :

Sumber : www.motorsport.com

viewed :: 161

Berita Terkait Lainnya :