15 Agustus 2020
GARASI MOTOR

Perkiraan Desain Motor Listrik Buatan Jawa


Produsen sepeda motor asal Ceko, Jawa Motors, berencana memperkenalkan produk motor listrik dalam waktu dekat. Sambil menunggu momen itu tiba, beberapa tangan kreatif yang jago olah digital membuat rendering motor listrik buatan Jawa itu.

Salah satunya seperti gambar digital yang dibuat oleh Electric Vehicle Web. Dalam rendering itu, motor listrik Jawa tetap mempertahankan bahasa desain klasiknya. Terlihat dari lampu depan berbentuk bulat, pelek jari-jari, dan kedua spakbor yang masih menggunakan material besi.

Sentuhan krom yang antik pun melapis beberapa area, mulai dari kaca spion, cover lampu depan, tuas rem, suspensi depan, hingga suspensi belakangnya. Bagian tangki juga tidak ketinggalan mendapat sentuhan krom ini.


Sementara di bawah tangki terdapat kotak besar untuk menaruh sistem kelistrikan. Biasanya area tersebut digunakan sebagai kompartemen penyimpanan baterai. Kotak tersebut diperkuat dengan menambah penyangga di sisinya.

Sebagai informasi, motor listrik Jawa akan dikembangkan secara mandiri tanpa bantuan kompatriotnya asal India, Mahindra yang menjadi pemilik saham terbesar. Mulai dari baterai, speed controller, hingga motor listrik, akan diproduksi sendiri oleh Jawa.

Bicara Jawa sendiri, nama itu bukan diambil dari salah satu pulau di Indonesia. Nama Jawa berasal dari nama founder Frantisek Janecek yang mengakuisisi pabrikan sepeda motor asal Jerman, Wanderer. Kemudian, dari kedua nama tersebut, yaitu Janecek dan Wanderer digabung, menjadi Jawa.

Pabrikan ini sudah berdiri sejak 1929. Gaya khas Jawa adalah motor yang berdesain klasik retro seperti roda dua yang digunakan jaman perang dunia. Pada 1950, Jawa jadi produsen sepeda motor terlaris yang sudah mengapalkan model 350 Pérák ke 120 negara berbeda. Kesuksesan tersebut berlanjut sampai tahun 1970 dengan model barunya 350 Californian. Namun di tahun 1990 Jawa mengalami krisis.

Sampai pada tahun 1997, sebuah perusahaan pengganti dibentuk di Týnec nad Sázavou dan mengganti nama Jawa menjadi JAWA Motors.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 192

Berita Terkait Lainnya :