10 November 2018
TIPS MOBIL

Mobil Kena Banjir? Lakukan Hal ini Agar Tidak Makin Parah


Banjir besar yang melanda Jakarta membuat kendaraan mogok. Apa yang harus dilakukan agar kendaraan kondisinya tidak kian parah ketika sudah tergenang banjir?


"Mohon kalau udah kena genangan, mogok, jangan dihidupin, biar enggak tambah parah kondisinya, mending didorong saja ke pinggir," ujar Marketing Communication and PR Head PT Asuransi Astra Buana, Laurentius Iwan Pranoto kepada team redaksi.


Iwan menuturkan, konsumen asuransi Garda Oto sejauh ini sudah banyak yang meminta bantuan karena mobilnya mogok terkena banjir. "Pagi ini saja sudah lebih dari 10 dan telepon terus berdering," ujarnya.


Untuk membantu pengguna mobil yang mogok, Garda Oto menyiapkan tim siaga banjir. "Jangan kemana-mana kalau tidak penting, selalu memantau kondisi jalan, lewat detikcom atau TMC," ujarnya.


Berikut beberapa tips menghadapi banjir dari Garda Oto :

- Jangan langsung menyalakan mobil jika sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, pengapian

- Jika terjebak banjir dan mobil tidak bisa dievakuasi, tutup ujung knalpot, cabut aki, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.

- Bila terjebak banjir, sedangkan mesin mobil masih hidup dan lantas mogok, segera matikan mesin, cabut aki, dorong mobil ke tempat aman

- Jaga jarak aman pengereman, jangan menerobos genangan, waspada lubang dan gelombang masuk ke mesin.

- Jangan menghidupkan mesin mobil yang sempat melalui genangan atau bahkan terendam banjir, karena dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.



viewed :: 12166
Berita Terkait Lainnya :