15 Agustus 2020
SPORTS MOBIL

Fukuzumi Senang Tapi Kecewa Setelah Kesalahan Fuji Q1


Pebalap ARTA Honda Nirei Fukuzumi mengatakan dia "senang dan kecewa" menyusul kesalahan kualifikasi yang hampir membuat timnya kehilangan kesempatan untuk merebut posisi terdepan untuk balapan kedua Fuji SUPER GT akhir pekan ini.

Fukuzumi berada di belakang kemudi Honda NSX-GT # 8 untuk segmen pembukaan kualifikasi di Fuji, tetapi mengalami penguncian di Tikungan 1 pada tahap penutupan sesi.

Mantan pebalap Formula 2 itu dipaksa untuk terus menggunakan ban berbintik datar dan nyaris tidak melewati Q1 di tempat kedelapan, kurang dari sepersepuluh waktu cut-off.

Tomoki Nojiri mengambil alih mobil ARTA untuk Q2 dan melanjutkan untuk mengamankan tiang pertama tim sejak final musim Motegi 2018, memimpin satu-dua untuk Honda.

Fukuzumi, yang berada di musim pertamanya di kompetisi GT500 setelah merebut gelar GT300 tahun lalu bersama ARTA, mengatakan pada awalnya dia mengira kesalahannya secara efektif merusak kualifikasi untuk tim, karena tidak ada cukup waktu tersisa untuk mengganti ban baru Bridgestone.

"Kami mengubah banyak set-up antara latihan dan kualifikasi, dan mobil sedikit melambung di jalan lurus," kata Fukuzumi kepada Motorsport.com. "Ini membuatnya sulit untuk mengerem.

"Saya tidak mencoba mendorong terlalu keras, tetapi sesuatu terjadi pada pengereman dan saya membuat titik datar yang besar. Saya pikir kualifikasi telah berakhir [pada awalnya] tetapi saya tidak menyerah.

“Saya kira tidak mungkin untuk mengemudi [setelah mendapatkan flatspot]. Tapi saya baru mencoba. Hanya tinggal dua menit lagi jadi saya harus keluar.

"Saya sangat senang tapi juga kecewa dengan penampilan saya. Pada akhirnya rekan setim saya membuat posisi terdepan di Q2, jadi sekarang kami bahagia."

Sementara itu, Nojiri mengatakan dia merasa sangat percaya diri dengan upaya ARTA untuk meningkatkan kecepatan balapannya, setelah terpeleset dari posisi kedua di grid ke posisi kedelapan dalam pembuka Fuji.

"Terakhir kali kami mengincar pole, dan saya sangat kecewa melewatkannya," kata Nojiri. "Dan kemudian saat balapan kami mundur dan itu adalah perjuangan besar.

"Setelah itu kami membahas banyak cara agar kami bisa berkembang, dan inilah hasilnya. Set-up lebih ditujukan pada balapan tapi tetap saja kami mendapat pole, dan kami memiliki mobil yang kuat untuk balapan."

Honda Real Racing Koudai Tsukakoshi dan Bertrand Baguette akan start bersama mobil ARTA di depan grid pada balapan hari Minggu.

Ditanya apakah dia mengharapkan perebutan kemenangan terutama dengan Honda yang berada di posisi kedua, Fukuzumi berkata: "Saya berharap Toyota tidak akan terlalu cepat, tapi mobil SARD akan kuat besok. Sena [Sakaguchi] sudah mengemudi dengan sangat baik [ kualifikasi ketiga].

"Tapi bagaimanapun, kami hanya harus tidak memikirkan pebalap lain dan melakukan pekerjaan kami sendiri."


Sumber : www.motorsport.com

viewed :: 185

Berita Terkait Lainnya :