09 Agustus 2020
SPORTS MOBIL

GP Hari Jadi Ke-70: Bottas Meraih Pole Sebagai Bintang Hulkenberg


Valtteri Bottas mengalahkan Lewis Hamilton untuk menempati posisi terdepan untuk Grand Prix Hari Jadi Formula 1 yang ke-70, saat Nico Hulkenberg terpana untuk menempati posisi ketiga untuk Racing Point.

Ban yang lebih lembut untuk balapan akhir pekan ini di Silverstone mengarah ke sesi kualifikasi yang menarik dan tidak biasa, dengan 10 pelari teratas berhasil melewati Q3 dengan ban medium, selain dari Verstappen, yang akan memulai balapan dengan menggunakan ban keras.

Mercedes juga mengganti ban mobil mereka di tengah-tengah segmen terakhir sesi, setelah Hamilton memimpin pada lap terbang pertama dengan ban lunak 1m25.284s.

Tapi setelah para pemimpin beralih kembali ke karet menengah untuk upaya terakhir mereka, Bottas membalikkan keadaan, mengalahkan Hamilton untuk memimpin dengan 0,080 detik.

Meskipun Hamilton mengakhiri sesi dengan sektor pertama dan ketiga tercepat - dan tidak ada pebalap Mercedes yang mencetak waktu tercepat di sektor pertama pada lap terakhir mereka - upaya ungu Bottas di sektor kedua memberinya keunggulan saat ia meraung ke tiang pertamanya sejak itu. GP Austria pembuka musim.

Hulkenberg mengklaim posisi ketiga dengan putaran terakhir yang sensasional untuk memulai posisi ketiga - saat ia kembali bersaing menggantikan Sergio Perez di Racing Point.

Verstappen melakukan kebalikan dari pebalap Mercedes dan beralih dari soft ke medium untuk putaran terakhirnya di Q3 dan dia meningkat dengan tidak cukup untuk mengambil posisi ketiga dari Hulkenberg.

Daniel Ricciardo berada di urutan ketiga setelah putaran pertama pada Q3 saat dia menyelesaikan segmen terakhir pada medium sepanjang, tetapi dia tidak meningkat pada lap kedua dan turun ke posisi kelima.

Lance Stroll menempati urutan keenam di Racing Point kedua, di depan Pierre Gasly (AlphaTauri) dan pebalap Ferrari Charles Leclerc.

Alex Albon finis kesembilan dan Lando Norris melengkapi 10 besar.

Esteban Ocon lolos ke urutan ke-11 meskipun mencetak rekor terbaik pribadi di lap terakhirnya di Q2, tetapi dia menghadapi penyelidikan pasca-kualifikasi karena memblokir George Russell saat mereka berlari ke Wellington tepat di tengah jalan melalui Q1.

Sebastian Vettel mencoba menggunakan ban lunak yang tidak beralasan dalam upaya untuk masuk ke 10 besar untuk Ferrari, tetapi dia akhirnya mengatakan P12 di radio timnya "hanya itu yang ada di mobil ini".

Carlos Sainz adalah pelari lain yang meningkat dengan upaya Q2 terakhir mereka tetapi tidak berhasil saat ia berakhir di urutan ke-13 - pertama kalinya seorang pebalap McLaren tidak berhasil mencapai Q3 untuk pertama kalinya pada tahun 2020.

Romain Grosjean menempati urutan ke-14 untuk Haas di depan Russell, yang kembali keluar dari Q1 untuk balapan keempat berturut-turut untuk Williams.

Russell hanya menyelesaikan saat berlari di Q2, upaya pada ban lunak yang membuatnya berada di urutan ke-15 dan terakhir di segmen itu.

Di Q1, Daniil Kvyat tersingkir oleh perbaikan akhir Ocon pada saat-saat terakhir di segmen pembukaan setelah lap terbang terakhirnya dihapus karena pelanggaran batas lintasan di Stowe.

Tapi putaran itu bukanlah performa terbaik Kvyat pada sesi itu, dan dia melaporkan "ada yang rusak" pada tur terakhirnya yang lebih lambat - dan kemudian dihapus -.

Kevin Magnussen dan Grosjean menetapkan waktu pertama mereka di Q1 pada medium, seperti yang dilakukan Russell, sebelum semua sungai beralih ke ban lunak.

Tapi sementara Grosjean berhasil lolos ke Q2, Magnussen tersingkir di putaran terakhir, dengan Nicholas Latifi dan duo Alfa Romeo Antonio Giovinazzi dan Kimi Raikkonen berada di posisi belakang.


Sumber : www.motorsport.com

viewed :: 194

Berita Terkait Lainnya :