16 September 2019
SHOWROOM MOBIL

Jeep JK Wrangler X LWB 2012 Merah Radikal


Berkecimpung dalam bisnis dan modifikasi Jeep, mengharuskan Dadi Tiasono untuk bertindak cepat, terlebih dalam modifikasi Jeep JK Wrangler. "Piranti modifikasi JK Wrangler sangat banyak, dan semakin beragam," ujar pemilik rumah modifikasi Jeep Craft Unlimited ini.

"Sebagai pebengkel, sudah pasti kita harus memberikan masukan pada customer, supaya dalam modifikasi tidak ngawur," sambung bapak 3 anak ini. "Karena tak jarang, kita menemui modifikasi yang kurang memiliki 'taste'. Semua barang yang bisa dibeli, dipasang, sehingga penampilannya malah terlalu ramai, bahkan norak," kekehnya.

Namun modifikasi tidak semata-mata masalah penampilan. Hasil yang paling terasa berpengaruh ada pada kualitas handling. "Kasarnya.....bagaimana kendaraan tersebut enak dikendarai," wantinya.

Berdasarkan alasan itulah Dadi memodifikasi JK Wrangler miliknya dan dijadikan contoh. "Awalnya saya memasang pelek besar yang dipadukan ban profil kasar dan penggantian bumper serta engine hood AEV (American Expedition Vehicle), kemudian diikuti dengan suspension kit dan air locker," paparnya.

"Namun biasanya, tidak lama pasti terjadi perubahan lagi, dan mulai melakukan penggantian exhaust system. Pernah dalam satu bulan saya ganti lagi ke merek lain untuk exhaust system ini," kekeh bersemangat. "Perihal suspensi lift demikian, terhitung telah lebih dari 3 kali saya bongkar pasang suspensi dalam 3 bulan," gelaknya. "Dan terakhir saya rajin bongkar pasang fender dan bumper. Setidaknya sudah dua kali dalam 4 bulan terakhir ini," lanjutnya sembari tertawa lepas.

Mungkin apa yang dilakukan Dadi tersebut cukup radikal dan terjadi dalam latar waktu yang cukup singkat. "Masalah penampilan bisa saja kita landasi pada selera masing-masing, tapi untuk karakter suspensi dan oprekan exhaust, saya harus tahu terlebih dahulu sebelum memberikan pendapat," cerocosnya.

Walau hobi sekalipun, proses gonta-ganti ala Dadi ini cukup melelahkan dan juga memakan biaya yang tidak sedikit. Namun langkah-langkah yang telah diambilnya ini mulai membuahkan hasil. "Saya jadi lebih tahu karakter racikan baik itu suspensi ataupun exhaust. JK saya pun lambat laun akan menjadi identitas saya. Orang bisa menilai taste modifikasi yang saya lakukan," ujarnya.  Dan.....hal tersebut penting bagi bisnis yang saya jalani ini," sambungnya.

Di sisi lain, Dadi mengaku bahwa ia mendapatkan kepuasan tersendiri dari 'petualangan' yang dilakukannya. "Saya dapat ilmunya dan juga tentu kepuasan ngoprek yang harus dijalani.....itu merupakan kepuasan tersendiri," tutupnya.  [w33]


viewed :: 13695
Berita Terkait Lainnya :