01 Agustus 2020
SPORTS MOBIL

Mattia Binotto Dipercaya Masih Bisa Buat Ferrari Bangkit Di F1 2020


Chairman Ferrari, John Elkann, memberikan komentar soal kiprah tim balap mereka, yakni Scuderia Ferrari, di Formula One (F1) musim 2020. Elkann menegaskan bahwa hasil negatif Tim Ferrari itu tak membuatnya kehilangan kepercayaan kepada sang Team principal, Mattia Binotto.

Sebagaimana diketahui, Tim Ferrari memang memulai kampanye mereka di F1 2020 dengan performa kurang begitu menjanjikan. Bahkan dari tiga balapan yang sudah berlalu, Tim Ferrari masih terpaku di posisi kelima pada klasemen konstruktor F1 2020 dengan koleksi 27 poin dari tiga balapan.

Padahal, pendukung Tim Ferrari sendiri sempat menaruh harapan besar kepada tim kesayangan mereka itu untuk bisa melalui F1 2020 dengan hasil lebih baik. Terlebih setelah melihat Charles Leclerc meraih podium kedua pada balapan perdana di Grand Prix (GP) Austria.


Akan tetapi hasil buruk justru harus didapat Tim Ferrari ketika menjalani seri kedua F1 2020. Ya, kedua pebalap mereka mengalami insiden yang berakibat gagal menyelesaikan balapan yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring tersebut.

Sementara pada balapan di GP Hungaria, kedua pebalap Tim Ferrari juga gagal kompetitif. Ya, Leclerc harus puas menyelesaikan balapan di posisi ke-11. Hasil lebih baik justru didapat Sebastian Vettel yang mampu finis di urutan keenam.

Sejumlah hasil negatif yang ditunjukkan Tim Ferrari di F1 2020 pun membuat banyak pihak mulai melemparkan kritikannya kepada Binotto selaku Team principal. F1 2020 sendiri adalah musim kedua Binotto sebagai yang kepala tim berlambang Kuda Jingkrak tersebut, usai ditunjuk untuk menggantikan peran Maurizio Arrivabene.

Elkann menyadari betul betapa buruknya performa mobil Tim Ferrari di kejuaraan dunia F1 tahun ini. Bahkan, Elkann sendiri pesimis bahwa performa mobil Tim Ferrari bakal membaik pada balapan-balapan berikuntya.

Meski begitu bukan berarti Elkann sudah mulai kehilangan rasa percayanya kepada Binotto untuk jadi pemimpin Tim Ferrari. Elkann bahkan menyebut Binotto bakal menjadi tumpuan bagi Tim Ferrari untuk bisa bangkit menjadi tim yang mendominasi F1 seperti sebelumnya.

“Realitanya adalah mobil kami tidak kompetitif. Kalian telah melihatnya di lintasan, dan kalian akan melihatnya lagi. Hari ini kami menaruh landasan untuk kompetitif dan kembali menang ketika aturan berubah pada 2022. Saya yakin dengan ini,” jelas Elkann, seperti disadur dari Motorsport.

“Akan tetapi ini bukan berarti kami sudah tak percaya kepada Mattia Binotto. Dia telah mengepalai selama satu tahun, memiliki semua kompetensi dan karakteristik untuk memulai siklus kemenangan baru,” sambung pria berkebangsaan Amerika Serikat tersebut.

“Dia telah bersama Ferrari pada saat dengan (Jean) Todt dan (Michael) Schumi, dia mengetahui bagaimana untuk menang dan mulai tahun depan dia akan bekerja dengan dua pebalap muda yang sama ambisiusnya dengan kami,” tuntasnya.

Sumber : sports.okezone.com

viewed :: 140
Berita Terkait Lainnya :