14 Juli 2020
SPORTS MOBIL

Duo Ferrari Gagal Finis Di F1 GP Styria 2020 Gara-Gara Tabrakan Di Awal Balapan


Nasib sial baru saja dirasakan Tim Scuderia Ferrari ketika tampil di balapan seri kedua Formula One (F1) 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria pada Minggu 12 Juli 2020 malam WIB. Sebab dua pebalap mereka, yakni Sebastian Vettel dan Charles Leclerc gagal menyentuh garis finis di balapan F1 Grand Prix (GP) Styria 2020 tersebut.

Duo Ferrari itu bisa gagal menyelesaikan balapan karena insiden tabrakan yang terjadi ketika race baru benar-benar dimulai. Leclerc yang mengawali balapan dari urutan ke-11 terlihat ambisius untuk langsung menyalip para pesaingnya di awal balapan.

Kendati begitu, saking semangatnya Leclerc memacu jet daratnya tersebut, ia sampai kehilangan kendali akan mobilnya ketika memasuki tikungan ketiga. Gara-gara melaju dengan sangat kencang dan agak sedikit memaksa, Leclerc pun menabrak pebalap lain.


Apesnya, pebalap yang ditabrak Leclerc adalah Vettel. Akibat ditabrak oleh pebalap asal Monako tersebut, mobil Vettel pun mengalami kerusakan yang cukup parah para bagian belakang mobilnya sehingga harus langsung memasuki pit.

Leclerc yang menabrak pun sama, ia juga harus masuk ke dalam pit untuk memperbaiki mobilnya yang baru saja menghajar Vettel. Safety car pun dikeluarkan sesaat insiden tabrakan duo Ferrari itu terjadi.

Ketika sudah berada di pit, Vettel memutuskan untuk mengakhiri balapan. Hal itu dikarenakan kerusakan pada mobil SF1000 miliknya sudah tak mungkin bisa melanjutkan balapan.

Sementara hal yang berbeda terjadi dengan Leclerc. Pebalap berusia 22 tahun itu dipastikan bisa melanjutkan balapan karena mobilnya masih memungkinkan untuk terus lanjut dan ia pun akhirnya kembali memasuki lintasan balap.

Akan tetapi, selang beberapa lap mobil Leclerc akhirnya menyerah juga. Dengan begitu, maka tak ada pebalap Scuderia Ferrari yang sampai menyentuh lap kelima pada balapan F1 GP Styria 2020.

Kemalangan yang menimpa dua Ferrari di GP Styria sebenarnya sudah terjadi semenjak sesi latihan bebas pertama. Di mana kedua Vettel dan Leclerc kesulitan untuk mencatatkan waktu tercepat di sesi latihan bebas pertama dan kedua.


Kesialan itu kembali terjadi di sesi kualifikasi. Vettel dan Leclerc yang memacu mobilnya di sirkuit yang baru saja diguyur hujan tampak kesulitan mendapatkan kecepatan yang mereka inginkan gara-gara lintasan sangat licin.

Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat Vettel harus memulai balapan F1 GP Styria 2020 dari urutan ke-10 dan Leclerc dari urutan ke-11. Gara-gara posisi yang jauh dari jajaran terdepan, Leclerc pada akhirnya bermain ngotot dan membuat timnya mengalami kerugian.

Balapan F1 GP Srtyria 2020 pun akhirnya dimenangkan oleh pebalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. Hamilton berhasil tampil lebih cepat ketimbang rekan setimnya Valtteri Bottas yang finis di urutan kedua dan Max Verstappen (Red Bull Racing) yang menempati podium ketiga.

Sumber : sports.okezone.com

viewed :: 1107

Berita Terkait Lainnya :