10 Juli 2020
GARASI MOTOR

Lebih Bertenaga Dibanding CBR500R, Honda CBR400R 2020 Mengaspal Di Jepang


Munculnya sepeda motor ringan dan berkapasitas rendah dimulai kurang dari satu dekade terakhir ketika Yamaha memutuskan untuk bergabung dengan Kawasaki di segmen sepeda motor yang saat itu dimonopolinya. 

Sebelum Yamaha R3, sangat sedikit pilihan selain Kawasaki Ninja 250 yang tersedia untuk pemula yang ingin mengayunkan kaki di atas sepeda berpenampilan sportbike.

Sportbike ringan dan berkapasitas rendah tersebut dengan cepat diterima pasar motor global. Sebab tenaga motor yang tidak terlalu agresif ini ramah bagi pemula dan pengendara veteran. Output daya dengan rentang menengah dianggap cukup layak untuk memungkinkan pengendara naik dengan aman dalam batas manusia dan mesin.

Laman Rideapart melaporkan, belum lama ini Honda mengungkapkan CBR400R 2020. Sayangnya model ini hanya untuk pasar Jepang. Seluruh dunia mendapatkan Honda CBR500R yang sangat mirip, tapi tidak untuk yang satu ini.

CBR400R mewakili Honda yang mengambil segmen motor sport kelas 400cc. Dengan mesin kembar paralel 399cc yang sama di CB400X, motor kecil ini menghasilkan sekitar 45 tenaga kuda - sepenuhnya memenuhi syarat sebagai sepeda motor yang dirancang sebagai komuter.

CBR400R memiliki fitur ergonomis yang sama sporty tapi lebih nyaman dari CBR500R. Ini berarti bahwa motor bisa menyediakan perjalanan harian yang baik. Kembar paralel 399cc itu dilengkapi dengan teknologi injeksi bahan bakar PGM-Fi Honda sehingga membuatnya lebih hemat bahan bakar.

Mungkin salah satu fitur motor yang paling mencolok adalah estetika secara keseluruhan. Motor ini tidak diragukan lagi merupakan mesin yang ditata secara agresif, dan garis keturunan CBR-nya terlihat jelas dengan kerja bodi agresif yang mengingatkan pada CBR1000RR.

Menariknya, Rideapart menemukan sesuatu yang "ganjil". Mesin 399cc dari motor ini sanggup menghasilkan 45 tenaga kuda. Sedangkan model global, CBR500R dengan mesin 471cc-nya, hanya menghasilkan 4 tenaga kuda lebih banyak.

Ini menempatkan CBR500R di tempat yang sulit di mana motor tidak benar-benar bisa berkompetisi dengan Ninja 400 dan KTM RC 390.

Sumber : autotekno.sindonews.com

viewed :: 1108
Berita Terkait Lainnya :