10 Juli 2020
GARASI MOBIL

Toyota Corolla Versi SUV, Gagah Dan Sangar


Seiring dengan semakin tingginya permintaan terhadap kendaraan model crossover dan SUV, Toyota sebagai raksasa otomotif dunia tak ingin ketinggalan langkah dari para rivalnya. Corolla Cross jadi andalan baru Toyota di segmen ini.

Langkah Toyota terbilang agresif untuk bermain di segmen crossover. Pasalnya, belum lama ini perusahaan yang dipimpin Akio Toyoda ini sudah merilis Toyota Yaris Cross. Sama seperti Yaris Cross, Corolla Cross juga sanat kental dengan DNA crossover. Padahal, kedua nama ini selama ini lebih dikenal sebagai model sedan dan hatchback.


Tapi seperti disebutkan di atas, tren penggunaan SUV dan crossover yang kian tinggi dan semakin menurunnya minat terhadap sedan di seluruh dunia, mendorong Toyota untuk melakukan perubahan bisnis, yang kini semakin rajin melahirkan model crossover dan SUV.

Toyota Corolla Cross saat ini baru diperkenalkan di Thailand, namun dalam waktu tak terlalu lama, SUV anyar ini pasti akan menyambangi pasar lain di dunia, termasuk Indonesia harapannya.


Menggunakan platform anyar, Toyota New Global Architecture C (TGNA-C), Corolla Cross akan ditawarkan dalam varian mesin hybrid dan bensin. Model ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.620 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.640 mm.

Untuk varian entry-level yang dipasarkan di Thailand mengusung mesin bensin 1.8-liter, bertenaga 140 hp dan torsi 175 Nm. Mesin ini menggerakkan roda depan melalui CVT. Toyota tetaplah Toyota, yang selama ini kondang sebagai rajanya teknologi hybrid.


Makanya juga ditawarkan varian bermesin 1.8-liter yang ditopang teknologi hybrid. Mesin konvensional memiliki tenaga 98 hp dan torsi 142 Nm. Motor listrik memberikan tambahan tenaga sebesar 72 hp dan torsi 163 Nm. Tenaga dari mesin hybrid ini disalurkan melalui CVT elektris.

Toyota Corolla Cross ditopang suspensi MacPherson untuk roda depan, dan torsion-beam untuk suspensi belakang. Keempat roda sudah menggunakan rem cakram, sedangkan ukuran rodanya ada dua pilihan, yakni 17 dan 18 inci, yang dibalut ban masing-masing berukuran 215/60 dan 225/50.


Jika dilihat dari sisi eksterior, Corolla Cross tak ada mirip-miripnya dengan Corolla hatchback, malah lebih cenderung sebagai baby RAV4, yaitu SUV andalan Toyota untuk berperang di pasar Amerika dan Eropa.

Tampilan Corolla Cross sangat gagah berkat penggunaan gril besar berkelir hitam, dipadukan dengan desain lampu depan tajam plus LED daytime running lights. Crossover ini juga dilengkapi bumper, side skirt, dan spakbor berwarna hitam, termasuk roof rail dengan kelir yang sama, sehingga kesan macho terpancar sangat jelas.


Meski tampilan luar sangat berbeda dan unik jika dibandingkan dengan versi sedan atau hatchback, tapi untuk desain interior sangat mirip nuansanya seperti Corolla hatchback.

Layar sentuh ukuran besar tampak menyembul di atas dashboard, juga desain cluster tombol-tombol digital, dan desain lubang ventilasi AC yang juga mirip punya Corolla versi hatchback. New Corolla Cross akan mulai dijual di Negeri Gajah Putih bulan ini.







Sumber : dapurpacu.id

viewed :: 1103
Berita Terkait Lainnya :