07 Juli 2020
GARASI MOBIL

Hyundai Kenalkan Minibus Listrik Berteknologi Canggih


Hyundai makin serius menggarap sektor transportasi umum ramah lingkungan. Pabrikan asal Korea Selatan ini baru saja memperkenalkan minibus listrik, County Electric untuk pasar domestik.

Dikutip dari Insideevs, Wakil Presiden dan Kepala Grup Produk Kendaraan Komersial Hyundai Motor, Yoon Lee mengatakan, County Electric merupakan bus tanpa emisi yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

"Bus tanpa emisi ini menawarkan fitur keselamatan dan kenyamanan luar biasa bagi pengemudi dan penumpang. Meningkatnya permintaan kendaraan listrik di pasar kendaraan komersial, Hyundai mempercepat pengenalan kendaraan, seperti County Electric," kata Yoon Lee.

Fitur keamanan yang ditawarkan bus listrik ini salah satunya adalah penggunaan sistem pengereman air-over-hydraulic (AOH) yang bisa dikontrol secara elektronik. Rem cakram dibuat lebih kuat untuk menahan bobot lebih berat karena tambahan baterai.

County Electric juga disematkan fitur keamanan baru berupa sensor untuk mencegah kecelakaan saat penumpang naik dan turun. Sensor itu diletakkan di dekat pintu tengah bus dan akan mengeluarkan alarm suara jika ada bagian tubuh penumpang yang terjepit.

Tak hanya itu, fitur keamanan County Electric lainnya juga dilengkapi sistem suara mesin virtual dan sistem bantuan parkir belakang untuk memperingatkan pejalan kaki dan mencegah kecelakaan.

Masuk ke interior, County Electric memiliki panjang dimensi 7.710 mm dengan konfigurasi penumpang 15 hingga 33 tempat duduk. Jumlah ini diklaim cukup efisien untuk satu unit bus.


Selain efisien dan ramah lingkungan, di rentang kecepatan 50 km/jam-80 km/jam, akselerasi County Electric 30 persen lebih baik dibandingkan bus dengan bahan bakar bensin maupun diesel.

Berbekal baterai berkapasitas 128 kWh, minibus ini sanggup menempuh jarak maksimal 250 km untuk satu kali pengisian baterai secara penuh.

Butuh waktu 72 menit agar daya baterai mencapai 100 persen dengan teknologi fast charging. Metode pengecasan lain bisa juga menggunakan daya listrik rumah tangga sebesar 220V. Namun butuh waktu 17 jam agar baterai full.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 1117

Berita Terkait Lainnya :