04 Juli 2020
HEADLINE MOBIL

Sudah 73 Tahun Berlalu, Ini Lho Kakek Buyut Nissan Leaf


Tren mobil listrik tengah digaungkan di belahan dunia. Salah satu mobil terlaris di dunia adalah Nissan Leaf. Perjalanan mobil listrik Nissan dimulai sejak tahun 1947, atau 73 tahun silam.

Dua tahun setelah perang dunia ke-II, Jepang mengalami kelangkaan minyak bumi, barang-barang, serta makanan tetapi persediaan listrik surplus sebab sedikitnya peralatan rumah tangga atau penggunaan massal dari listrik pada saat itu.

Pun setelah perang ada peralihan dari pembuatan pesawat tempur ke industri, Tachikawa Aircraft (kemudian menjadi Tama Cars Co.) memulai pengembangan kendaraan listrik.

Para teknisi memanfaatkan situasi tersebut untuk menyalurkan kreativitas mereka dan membuat kendaraan listrik pertama - sebuah prototipe kendaraan listrik 2-seater (kapasitas muatan 500kg) dengan mesin 4.5hp dan kecepatan maksimal 34 km/jam. Model tersebut dinamakan 'TAMA', diambil dari nama lokasi pabrik tersebut berada.


Perusahaan menciptakan mobil penumpang pertama dengan dua pintu berkapasitas empat orang. Desain dan konstruksi dari kendaraan unik tersebut meliputi ide-ide istimewa, seperti kompartemen baterai yang dipasang di dalam lantai kabin mobil.


Di tahun tersebut Tama menggunakan motor 36 volt, dengan menggunakan lead-acid baterai (40 V/162 Ah). Tapi berhubung kapasitas baterai yang digunakan tak terlalu besar, mobil ini memiliki kecepatan tertinggi 35 km / jam (22 mph) dan daya jelajah 65 km (40 mil) dengan sekali pengisian daya.
.
Dari dimensi mobil listrik ini punya desain khas yang unik dengan panjang 3.200 mm x lebar 1.270 mm x tinggi 1.650 mm, dan bobot 1.050 kg.

Selama uji coba mobil listrik pertama yang diadakan oleh Menteri Perdagangan dan Industri Jepang pada Maret 1948, TAMA berhasil mendapat catatan terbaik. Bahkan diandalkan menjadi armada taksi hingga tahun 1951-an dengan kode model E4S-47 I, kode E untuk electric, 4S artinya sedan 4 penumpang, dan 47 adalah tahun produksinya.

Tama kemudian hadir dalam model mobil dan truk penumpang, dan keduanya tersedia dalam versi bensin dan listrik. Pada 1948, Tama Junior, sebuah mobil penumpang kompak, lahir. Kemudian, pada tahun 1949, datang Tama Senior, sebuah mobil penumpang berukuran sedang.

Lalu pada tahun 1951, perusahaan ini bergabung dengan Prince Motor yang pada tahun 1966 menjadi bagian dari Nissan.

Tama kemudian direstorasi kembali ke bentuk aslinya di tahun 1947, menemani tahun 2010 saat Nissan Leaf meluncur.


Kini Nissan LEAF merupakan mobil listrik terlaris dunia. Sejak tahun 2010, Nissan LEAF telah terjual lebih dari 400.000 unit.

Pengembangannya pun kian jauh, setiap kali baterainya penuh Nissan LEAF memiliki jangkauan tempuh 400 km. E-powertrain baru yang dipasang di Nissan LEAF mengeluarkan daya sebesar 110 kW dan torsi 320 Nm.

Pun kabarnya, Nissan Leaf ini juga bakal meluncur di Indonesia pada tahun 2020.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 181
Berita Terkait Lainnya :