30 Juni 2020
HEADLINE MOBIL

Mobil Listrik Jaguar Jadi Taksi Di Norwegia, Bisa Dicas Tanpa Kabel


Di Norwegia tidak hanya handphone yang bisa dicas tanpa kabel alias wireless charging. Kini mobil taksi pun bisa melakukannya.

Mencuplik Autocar, stasiun pengisian tanpa nirkabel ini diharapkan dapat mempercepat pengisian baterai kendaraan. Ibu kota Norwegia, Oslo akan menjadi yang pertama memasang infrastruktur pengisian nirkabel untuk taksi listrik kota.

Taksi bertenaga listrik memang menjadi fokus Pemerintah Norwegia. Negara tersebut tercatat telah membeli 43.143 kendaraan listrik di tahun 2018.

Nah sebagai langkah awal, 25 mobil listrik Jaguar I-Pace akan menjadi armada taksi Oslo Cabonline yang mencoba teknologi wireless charging untuk kendaraan listrik. Infrastrukturnya merupakan hasil kerjasama antara Perusahaan teknologi Momentum Dynamics dan perusahaan titik pengisian daya Fortnum Recharge.

Stasiun dengan lempengan pengisian baterai akan ditempatkan di area di mana taksi biasa berhenti untuk menunggu penumpang. Sementara di bagian taksi akan dipasang alat yang akan menerima asupan daya listrik tersebut.

Teknologi ini akan menggunakan sistem induksi dengan kecepatan hingga 75 kWh. Sistem pengaktifan otomatis menyediakan energi antara enam dan delapan menit untuk setiap pengisian hingga 50 kW.

Pengisi daya akan ditempatkan di lokasi di mana taksi sering mengantri untuk penumpang, tentu bisa menghapus kebiasaan pengemudi untuk meluangkan waktu untuk pengisian selama jam kerja dan memungkinkan pengisian ulang secara rutin sepanjang hari.

"Industri taksi adalah tempat uji yang ideal untuk pengisian nirkabel, dan memang untuk mobilitas listrik jarak tempuh tinggi. Platform pengisian daya nirkabel yang aman, hemat energi, dan bertenaga tinggi akan terbukti sangat penting untuk armada listrik, karena infrastrukturnya lebih efektif daripada mengisi bahan bakar kendaraan konvensional," ujar Bos Jaguar Land Rover Ralf Speth.

Melalui roadmapnya, Norwegia sendiri menargetkan armada taksi di Oslo akan sepenuhnya bebas emisi pada tahun 2023.

"Bersama-sama dengan industri taksi, kami akan memastikan bahwa pergantian ini semudah mungkin," kata Sture Portvik selaku Project Leader and Manager of Electro Mobility Oslo.

"Oslo akan selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi dan kami senang untuk bergabung dengan dua pemain industri paling progresif dalam langkah yang mengubah permainan ini untuk meluncurkan rencana paling ambisius di dunia untuk pengisian nirkabel armada taksi," tambah Portvik.

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 145
Berita Terkait Lainnya :