30 Juni 2020
GARASI MOTOR

Bikin Motor Listrik Futuristik, Soriano Motori Bangkit Dari Kubur


Perusahaan automotif tua asal Italia, Soriano Motori kembali ke dunia automotif setelah mati suri selama puluhan tahun. Bergaya naked bike, EV Giaguaro punya tampilan yang futuristik dan macho untuk sebuah motor listrik

Pabrik ini kabarnya berhenti memproduksi motor pada tahun 1950-an, tetapi kesorimbali bangkit pada tahun 2019 dan membangun model motor sport. 

Soriano Motori adalah pembuat motor-motor lawas dengan sepan yang digunakan tentara Amerika ketika menyerbu pantai Normandi pada perang tahun 1944 melawan Jerman pada saat itu. Sekembalinya ke dunia otomotif, dengan investasi besar dari seorang pengusahan kaya Marco Soriano asal Italia. 

Direktur Desain Produk dan Pengembangan Soriano, Sergio Moroni mengatakan perusahaan sementara mempersiapkan prototipe tiga motor listriknya yang akan ditampilakan pada pameran EICMA diakhir tahun sebagai debut pertama motor listrik mereka.

"Soriano berencana untuk masuk ke mode produksi penuh, untuk membangun seri edisi terbatas. Jumlah motor listrik yang akan diproduksi hanya 100 unit, dan masing-masing akan memiliki nomor khusus dan ditandatangani bos Soriano," jelas Sergio seperti dilansir dari Rodeapart.

Kini motor listrik yang dikembangkan untuk memulai debutnya pada pameran EICMA 2020 akan memiliki desain sporty. Motor tersebut adalah Soriano EV Giaguaro yang berarti Jaguar, perusahaan mengungkapkan mereka akan merilis tiga varian sekaligus yakni V1R, V1S, dan V1.

Sebagai motor listrik, Soriano EV Giaguaro akan menggunakan mesin motor listrik bertenaga baterai yang dibangun secara independen dengan kapasitas yang besar dan efisien.

Untuk menambah kesan sporty, EV Giaguaro juga disematkan lever guard di kedua sisi. Ini dilakukan karena sistem rem motor ini sama seperti motor matic, yakni rem depan di bagian kanan dan rem belakang di sisi kiri.

Sayangnya, untuk sebuah motor listrik yang minim fitur, Soriano Motori membanderol EV Giaguaro dengan harga cukup mahal. Model terendah V1R dibanderol Rp401 juta sedangkan tipe tertinggi seharga Rp511 juta

Sumber : autotekno.sindonews.com

viewed :: 1123

Berita Terkait Lainnya :