28 Juni 2020
HEADLINE MOBIL

Jeep Wrangler Dapat Nilai Kecil Saat Uji Tabrak


Jeep Wrangler merupakan mobil berjenis SUV dengan desain kekar dan gahar. Di balik kegaharannya, mobil ini ternyata punya nilai yang kecil dalam urusan keamanan dan keselamatan.

Dilansir dari Car and Drive, lembaga keselamatan berkendara Amerika Serikat, IIHS, melakukan uji tabrak pada Jeep Wrangler. Hasilnya, SUV tersebut terguling saat menabrak pembatas yang digunakan untuk melihat reaksi keamanan mobil pada penumpang.

"Tes yang dilakukan dua kali ini membuat kendaraan terbalik saat menabrak penghalang dan ini berisiko cedera tambahan terhadap hitungan aspek keselamatan yang terpasang pada mobil," kata IIHS.

Bagian ini menjadi penilaian yang cukup berpengaruh karena bisa membuat akumulasi nilai tes lainnya menurun. Padahal, penggunaan roll cage dan pengujian dampak cedera pada penumpang sudah mendapatkan nilai baik.

"Sebuah kendaraan yang terbalik atau terguling bukanlah hal yang dapat diterima begitu saja untuk tabrakan frontal. Sebagai hasilnya, nilai keseluruhan Wrangler pada tes ini diturunkan," ujarnya.

Sementara dalam tes tabrakan samping, Wrangler mendapatkan hasil yang lebih baik karena keempat ban tetap menapak di permukaan. Kelemahannya ada pada kursi penumpang belakang yang tidak mendapatkan perlindungan maksimal.

"Kami telah memproduksi model ini lebih dari 500.000 unit. Dari populasi ini, kami tidak mengetahui adanya insiden yang berkorelasi dengan hasil tes IIHS," kata Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Kendati demikian, FCA akan tetap memeriksa dan meneliti kembali hasil tes pengujian tersebut, sebagai pengembangan modelnya. "Kami terus memantau evaluasi pihak ketiga dan memasukkan temuan-temuan itu ke dalam proses pengembangan produk kami," katanya.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 156
Berita Terkait Lainnya :