05 Juni 2020
HEADLINE MOBIL

Ford Lengkapi Mobil Polisi Dengan Fitur Pembunuh Virus Corona


Ford telah menemukan cara membantu melindungi petugas kepolisian dari penularan virus corona (Covid-19). Pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS) itu menyematkan perangkat lunak pada mobil Polisi Interceptor Utility model Ford Explorer yang dapat membunuh Covid-19.

Dilansir dari Carscoops, Ford mengkolaborasikan powertrain dan sistem kontrol iklim (pengontrol suhu) pada crossover Explorer untuk meningkatkan suhu kabin hingga lebih dari 132,8 derajat fahrenheit (56,1 derajat celcius). Temperatur tinggi ini bertahan selama 15 menit membantu mendisinfeksi kendaraan.

Dalam pengembangannya, Ford bekerja dengan Ohio State University menentukan suhu dan durasi waktu yang tepat untuk membunuh virus. Pengujian menemukan “mengekspos virus corona pada suhu 56 derajat Celcius, atau 132,8 derajat Fahrenheit, selama 15 menit mengurangi konsentrasi virus hingga lebih dari 99 persen pada permukaan interior dan bahan yang digunakan di dalam kendaraan Polisi Interceptor Utility.”

Untuk mencegah petugas polisi tidak sengaja mengganggu proses, Ford telah mengembangkan sistem pensinyalan. Lampu bahaya dan lampu belakang crossover akan menyala dengan pola yang telah ditentukan ketika proses pemanasan berlangsung dan kemudian akan mengubah pola mereka memberi sinyal proses telah selesai. Informasi ini juga akan ditampilkan pada instrumen cluster.

Ford mulai mengerjakan proyek pada Maret dan sejak itu menguji coba dengan kendaraan yang dimiliki Departemen Kepolisian Kota New York, Departemen Kepolisian Los Angeles dan Kepolisian Negara Bagian Michigan.

Pembaruan perangkat lunak tersedia untuk semua kendaraan Polisi Interceptor Utility 2013-2019. Ford mengatakan fitur ini dapat diinstal dealer atau pusat layanan departemen kepolisian.

Untuk mengaktifkan proses pembersihan pada model kendaraan 2016-2019, petugas hanya perlu menekan tombol cruise control dalam urutan yang telah ditentukan. Sayang, ini tidak sesederhana pada model 2013-2015 yang lebih lama karena prosesnya harus dimulai dengan menggunakan alat yang terhubung ke port diagnostik onboard.

"Virus ini adalah musuh yang tidak terlihat dan kami bangga memberikan solusi untuk membantu komunitas penegak hukum melawannya," kata Stephen Tyler dari Ford.

Sumber : www.inews.id

viewed :: 151
Berita Terkait Lainnya :