10 Juli 2018
TIPS MOTOR

Tips Merawat Motor Antik


Mengoleksi motor antik tentulah hobi bagi para pecintanya, alasan suka terhadap motor antik Honda lantaran prestis ketika ingin tampil beda saat di jalan. Apalagi, jika motor antik tersebut merupakan maha karya kemajuan otomotif pada saat zamannya, pasti ada kebanggan tersendiri bisa menunggangi.

Namun dalam meminang motor antik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain ketelatenan dalam perawatannya, motor antik memerlukan perhatian yang lebih. Maka sebelum meminang motor antik tersebut, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Siapkan budget
Harga merupakan salah satu alasan utama saat akan membeli motor antik. Karena harga motor antik tidak bisa diperkirakan dengan mudah. Istilah yang sering digunakan biasanya 'harga selera', jadi relatif tinggi.

Memperhatikan Kualitas
Merk dan jenis motor antik juga perlu diperhatikan yang sudah terbukti handal dan tidak ribet dalam perawatan. Selain itu ketersediaan spare partnya di pasaran juga harus diperhatikan. Kemudian jika memang beberapa komponen yang dicari sudah tidak ada di bengkel, cobalah berkonsultasi dengan montir kepercayaan apakah bisa menggantinya dengan komponen motor lain, atau istilahnya dikanibal.

Kondisi fisik
Perhatikan kondisi fisik, sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan motor tersebut dalam keadaan lengkap dan memiliki fungsi yang masih baik. Mulai dari lampu, aksesoris, body part, kaki-kaki, sampai mesin. Sebab jika ada yang kurang atau diganti dengan yang tidak original makan nilai antiknya akan berkurang.

Cek kelengkapan surat-surat
Banyak motor antik yang tidak dilengkapi dengan surat-surat seperti STNK atau bahkan BPKB. Biasanya, jika surat-surat dari motor tersebut lengkap ditambah track record seperti faktur pembelian sampai dengan bon-bon service, maka bisa dipastikan bandrolnya bakal selangit.

Pastikan selera
Pilih motor antik yang sesuai dengan selera, jiwa dan postur tubuh. Apalagi jika motor ini akan dipakai harian, maka kenyamanan juga menjadi pertimbangan khusus.  [w33]

viewed :: 12749
Berita Terkait Lainnya :